Studi Analisis Penggunaan Bintang sebagai Penunjuk Arah Kiblat Nelayan (Studi Kasus Kelompok Nelayan “Mina Kencana” Desa Jambu Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara)

Romdhon, M. Ali (2012) Studi Analisis Penggunaan Bintang sebagai Penunjuk Arah Kiblat Nelayan (Studi Kasus Kelompok Nelayan “Mina Kencana” Desa Jambu Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
082111084_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
082111084_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082111084_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082111084_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082111084_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
082111084_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082111084_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (31kB) | Preview

Abstract

Bintang menjadi sarana penunjuk arah yang bagus bagi para nelayan. Dengan mengetahui posisi bintang nelayan bisa mengetahui arah. Kelompok nelayan “Mina Kencana” menggunakan bintang Panjer Sore untuk menunjukkan arah barat. Bintang Panjer Sore merupakan bintang yang bersinar paling terang dibandingkan dengan bintang-bintang lain disekitarnya pada waktu sore hari. Bintang inilah yang digunakan sebagai patokan bahwa saat nelayan menghadap bintang tersebut, maka dia menghadap ke arah kiblat. Untuk mengetahui lebih jauh tentang penggunaan bintang sebagai penunjuk arah kiblat, maka penulis membatasi pembahasan menjadi dua pokok pembahasan yakni ; 1) bagaimana metode penggunaan bintang sebagai penujuk arah kiblat oleh kelompok nelayan “Mina Kencana”?, 2) Bagaimana tingkat akurasi penggunaan bintang sebagai penunjuk arah kiblat oleh kelompok nelayan “Mina Kencana”? Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field reasearch) yang bersifat kualitatif. Data primer didapat dari hasil observasi langsung dan wawancara dengan anggota kelompok nelayan. Sedangkan data sekunder didapat dari data software Starry Night Pro Plus 6, ensiklopedi, buku-buku, artikel-artikel, karya ilmiah yang dimuat dalam media massa seperti majalah dan surat kabar, serta jurnal ilmiah maupun laporan – laporan hasil penelitian yang berkaitan dengan objek penelitian. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dengan pendekatan astronomis. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, bahwa bintang yang digunakan oleh nelayan sebagai penunjuk arah kiblat adalah bintang panjer sore. Yakni bintang yang bersinar paling terang diantara bintan-bintang lain di sekitarnya pada waktu sore hari setelah matahari terbenam. Caranya dengan melihatnya secara langsung tanpa peralatan apapun ketika akan mengerjakan shalat maghrib atau isya’. Dengan menghadap ke arah bintang tersebut lalu serong ke kanan berarti sudah menghadap ke arah kiblat. Kedua, bahwa bintang yang digunakan oleh para nelayan bukan merupakan sebuah bintang melainkan sebuah planet. Hal ini didasarkan pada observasi di lapangan dan di cek pada software Starry Night Pro Plus 6. Dalam software tersebut, benda langit yang muncul pada waktu yang sama dengan waktu observasi adalah planet Venus. Planet mengelilingi matahari dan memiliki orbit tersendiri. Selain itu tidak selalu berada di posisi yang sama sehingga tidak bisa dijadikan pedoman untuk menunjukkan arah kiblat secara tepat dan diperlukan koreksi-koreksi sesuai dengan perbedaan azimuth venus dan azimuth kiblat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arah Kiblat; Nelayan; Bintang Panjer Sore
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 523 Specific celestial bodies and phenomena
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Muhammad Qomarudin
Date Deposited: 05 Dec 2013 07:05
Last Modified: 05 Dec 2013 07:05
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item