Penerapan etika bisnis Islam di Boombu Hot Resto Tegal

Izzati, Sidqi Amalia (2015) Penerapan etika bisnis Islam di Boombu Hot Resto Tegal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
112411135.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Untuk memulai dan menjalankan bisnis tentu tidak boleh lepas dari etika, karena mengimplementasikan etika dalam bisnis akan mengarahkan kehidupan manusia untuk mencapai kebahagiaan dunia dalam bentuk memperoleh keuntungan materil dan kebahagiaan akhirat dengan memperoleh ridha Allah. kenyataan yang ada sekarang banyak terjadi pergeseran etika dalam berbisnis, misalnya banyak pelaku bisnis yang terlibat dalam transaksi riba, mengambil keuntungan yang tidak wajar, mengurangi timbangan atau takaran, gharar, penipuan, penimbunan, skandal, korupsi, kolusi, dan ijon. Hal tersebut menandakan merosotnya kejujuran, etika, rasa solidaritas serta tanggung jawab, sehingga terjadilah persaingan yang tidak sehat diantara para pelaku bisnis. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul Penerapan Etika Bisnis Islam Di Boombu Hot Resto Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Penerapan Etika Bisnis Islam di Boombu Hot Resto Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan data-data yang peneliti kumpulkan baik dari hasil wawancara, observasi, maupun dokumentasi, selama mengadakan penelitian di Boombu Hot Resto Tegal tentang penerapan Etika Bisnis Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: etika bisnis yang diterapkan oleh Boombu Hot Resto pada umumnya telah sesuai dengan etika bisnis yang diajarkan dalam Islam. Adapun sifat-sifat yang masuk dalam Etika Bisnis Islam diantaranya siddiq yang tercermin dari tidak melipatgandakan harga dalam jual beli, jujur dalam takaran dan produk yang dijual tidak termasuk produk yang dilarang dalam Islam. Sifat Amanah yaitu adanya laporan pertanggungjawaban kepada pemilik mengenai pemasukan ataupun pengeluaran yang ada dalam Boombu Hot Resto, serta pencapaian pelayanan yang optimal sebagai wujud rasa terima kasih kepada konsumen. Sifat Tabligh yang diterapkan oleh Boombbu Hot Resto diantaranya adalah berkomunikasi dengan ramah, memiliki visi misi yang tidak bertentangan dengan syariat Islam, dan menjalin silaturrahmi dengan mitra bisnis maupun konsumen. Sifat Fathanah tercermin dari keadaan spiritual pemilik dan karyawan yang tetap mengedepankan spiritualitas kepada Allah. Sifat Syaja’ah yang merupakan sifat kerja keras. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukkan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam menerapkan etika bisnis Islam, selain itu juga dapat memberikan pembelajaran yang berimplikasi pada terwujudnya bisnis kuliner yang berkualitas.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika bisnis Islam; Entrepreneur
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Economic and professional ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing: H. Khoirul Anwar, M. Ag.; Mohammad Nadzir, S.H.I., M.S.I.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 02 May 2016 07:22
Last Modified: 02 May 2016 07:22
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5502

Actions (login required)

View Item View Item