Upaya meningkatkan hasil belajar IPA dengan model PROBEX (Predict, Observe, Explain)pada materi pokok tekanan siswa kelas VIII MTs Sudirman Bantal Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2014/2015

Miftahuddin, Miftahuddin (2015) Upaya meningkatkan hasil belajar IPA dengan model PROBEX (Predict, Observe, Explain)pada materi pokok tekanan siswa kelas VIII MTs Sudirman Bantal Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113611047.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya nilai hasil belajar IPA yang dicapai siswa MTs Sudirman Bantal pada materi Konsep Tekanan masih rendah. Banyak siswa yang merasa bosan dan kurang bersemangat dalam belajar. Hal ini disebabkan kerena guru terlalu monoton dan kurang memberikan variasi metode dalam pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA pada materi pokok Tekanan pada siswa kelas VIII MTs Sudirman Bantal melalui penerapan model PROBEX. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PROBEX dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi pokok Tekanan pada siswa kelas VIII MTs Sudirman Bantal, yaitu sebelum perbaikan ketuntasan hanya 36%, setelah siklus I mencapai 64,28% dan setelah pelaksanaan siklus II mencapai 78,5%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; IPA; Model pembelajaran; PROBEX; Tekanan; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Additional Information: Pembimbing: Andi Fadllan, M. Sc.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 06 Jun 2016 08:27
Last Modified: 06 Jun 2016 08:27
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5600

Actions (login required)

View Item View Item