Korelasi Antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Kemampuan Menulis Huruf Al-Qur’an Santri TPQ Darussalam Kelurahan Kembang Arum Kecamatan Semarang Barat Tahun 2011/2012

Kurniyati, Siti Shofiyah (2012) Korelasi Antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Kemampuan Menulis Huruf Al-Qur’an Santri TPQ Darussalam Kelurahan Kembang Arum Kecamatan Semarang Barat Tahun 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
073111021_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111021_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111021_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111021_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111021_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111021_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111021_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas kemampuan membaca Al-Qur’an dan kemampuan menulis huruf Al-Qur’an. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Darussalam Kelurahan Kembang Arum Kecamatan Semarang Barat tahun 2011/2012? (2) Bagaimana kemampuan menulis huruf Al-Qur’an santri TPQ Darussalam Kelurahan Kembang Arum Kecamatan Semarang Barat tahun 2011/2012? (3) adakah hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dan kemampuan menulis huruf Al-Qur’an santri TPQ Darussalam Kelurahan Kembang Arum Kecamatan Semarang Barat tahun 2011/2012? Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Sampel penelitian yang berjumlah 30 siswa diambil dari 15% jumlah populasinya dengan menggunakan teknik Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes kinerja (perbuatan) untuk memperoleh data variabel X yaitu kemampuan membaca Al-Qur’an dan menggunakan metode tes tertulis untuk memperoleh data variabel Y yaitu kemampuan menulis huruf Al-Qur’an santri TPQ Darussalam Kelurahan Kembang Arum Kecamatan Semarang Barat. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik inferensial, untuk menguji hipotesis penelitian. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: Tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Darussalam Kelurahan Kembang Arum Kecamatan Semarang Barat tahun 2011/2012 dalam kategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 76,47 yaitu terdapat antara interval 75-78. Tingkat kemampuan menulis huruf Al-Qur’an santri TPQ Darussalam Kelurahan Kembang Arum Kecamatan Semarang Barat tahun 2011/2012 dalam kategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 71,03 yaitu terdapat antara interval 69-72. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan kemampuan menulis huruf Al-Qur’an. Berdasarkan pada analisis kuantitatif dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat nilai r observasi adalah 0,817 berada di atas r product moment batas penolakan 5% sebesar 0,361 dan batas penolakan 1% sebesar 0,361, dengan kata lain 0,817 > 0,463 pada taraf 5% dan 0,799 > 0,463 pada taraf 1%. Dengan demikian hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Membaca Al-Qur’an; Menulis Huruf Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 05 Dec 2013 07:16
Last Modified: 05 Dec 2013 07:16
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item View Item