Manajemen pelayanan jamaah haji Kementrian Agama Kabupaten Kendal tahun 2015

Suwarno, Joko Sulak (2016) Manajemen pelayanan jamaah haji Kementrian Agama Kabupaten Kendal tahun 2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
091311014.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini disusun oleh Joko Sulak Suwarno (091311014) yang berjudul “Manajemen Pelayanana Jamaah Haji Kementerian Agama Kabupaten Kendal Tahun 2015”, merupakan penelitian kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan jamaah haji Kementian Agama Kabupaten Kendal Tahun 2015. (2) Untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan manajemen pelayanan jamaah haji kementrian Agama Kabupaten Kendal Tahun 2015. Adapun untuk memperoleh data-data yang diperlukan dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penyelenggaraan ibadah haji dilakukan setiap tahun oleh umat Islam di Indonesia. Sesuai dengan Undang-Undang No13 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan ibadah haji, menyebutkan bahwa pemerintah berkewajiban memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan yang sebaik-baiknya terhadap jama‟ah haji melalui sistem dan manajemen penyelenggaraan haji. Penyelenggaraan sistem dan manajemen haji dimaksudkan agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan nyaman sesuai dengan tuntutan agama, jama‟ah dapat melaksanakan ibadah secara mandiri sehingga diperoleh haji yang mabrur. Kementerian Agama Kabupaten Kendal adalah instansi yang bertugas memberikan pelayanan penyelenggaraan ibadah haji. kementerian Agama merupakan instansi yang memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah haji dari segi pelayanan. Bahkan dapat menberikan penjelasan atau jawaban atas apa yang masyarakat tidak ketahui tentang bentuk pelayanan dan bimbingan haji. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kementerian Agama Kabupaten Kendal memberikan pelayaanan yang cukup baik, meliputi administrasi,bimbingan manasik, transportasi, akomodasi, konsumsi dan kesehatan. kelebihannya yaitu Adanya koordinasi yang rapi dan mapan kepada pihak atau instansi terkait sehingga mempermudah kelancaran pelaksanaan pelayanan ibadah haji, Tersedianya tempat bimbingan praktek manasik masal di pondok pesantren SELAMET, yang hal itu dapat lebih memudahkan jamaah calon haji dalam memahami segala hal tentang haji, Sarana dan prasarana pendukung dalam pelayanan pendaftaran, misalnya; ruang ber AC, kursi tunggu, TV, Koran, majalah, air mineral dll, Memiliki kekuatan budaya kerjasama yang baik dengan lembaga lain, Adanya subsidi dari pemerintah, Adanya keramahan dari para petugas yang melayani para calon jamaah haji sehingga ada hubungan yang harmonis, Adanya tenaga ahli profesional yang berpengalaman yang bertugas sesuai dengan bidangnya masing-masing.sedangkan kekurangannya yaitu; Latar belakang jamaah yang beragam baik dari segi usia, pendidikan, sosial, budaya dll, sehingga mempengaruhi daya tangkap jamaah terhadap informasi yang disampaikan, Kurang disiplinya calon jamaah haji dalam mengikuti bimbingan manasik haji, Pindahnya jamaah ke daerah lain, Tingkat kecerdasan dan pengetahuan di antara jamaah tidak sama sehingga mempengaruhi tingkat pengertian dan pemahaman informasi haji.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen layanan haji
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Nurbini, M.S.I.; Suprihatiningsih, S. Ag. M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Sep 2016 01:40
Last Modified: 29 Sep 2016 01:40
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5619

Actions (login required)

View Item View Item