Strategi biro wisata PT. Musfiratur Semarang dalam meningkatkan kualitas pelayanan ibadah haji dan umroh tahun 2015

Ghofar, Jirjis Alfarisi Abdul (2016) Strategi biro wisata PT. Musfiratur Semarang dalam meningkatkan kualitas pelayanan ibadah haji dan umroh tahun 2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
101311060.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Meningkatkan kualitas pelayanan haji dan umroh, memiliki keterkaitan erat dengan kepuasan pelanggan. Kualitas dapat memberikan dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan yang kuat dengan perusahaan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, diperlukan strategi peningkatan kualitas pelayanan agar visi dan misi perusahaan berjalan dengan baik. Perumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan PT. Musfiratur Semarang dalam meningkatkan kualitas pelayanannya, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan kegiatan pelayanan dalam menerapkan strategi peningkatan kualitas pelayanan haji dan umroh dari perumusan masalah diatas. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif guna mengumpulkan data dan informasi untuk satukan dan dijadikan sebuah karya ilmiah. Data dan informasi yang diperoleh bersifat primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung kepada direktur atau pimpinan perusahan dan beberapa staf di dalamnya, dan melalui observasi di lapangan. Sedangkan data informasi sekunder diperoleh melalui dokumentasi dan kepustakaan. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh perusahaan yang khususnya bergerak dibidang jasa dan pelayanan pada sektor pariwisata, sebagai bahan evaluasi kinerja serta peningkatan sumber daya manusia terhadap kualitas pelayanan yang diberikan dalam usaha memenuhi kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data dari manfaat penelitian tekhnik wawancara dan observasi menunjukan bahwa strategi peningkatan kualitas pelayanan yang telah dilakukan oleh PT. Musfiratur Semarang, yaitu dengan membuka informasi di berbagai wilayah dan propinsi di Indonesia, membangun mitra usaha sejenis serta menambah jumlah jamaah di setiap tahunnya merupakan strategi ytang diterapkan oleh perusahaan tersebut. Namun demikian juga masih ditemukan hambatan dalam proses pelayanan, namun sangat mudah diatasi jika pihak direksi mampu menerapkan strategi peningkatan kualitas pelayanan kepada para jamaahnya dengan cara merencanakan strategi terkait dengan memberi pelatihan kepada para staf yang bekerja pada bidangnya masing-masing dan melakukan evaluasi dalam rangka untuk mengetahui disisi mana yang harus ditingkatkan kualitas pelayanannya agar pelanggan tetap setia menggunakan kembali perusahaan tersebut di lain waktu. Dari hasil analisis SWOT didalam penelitian ini, bahwa PT. Musfiratur Semarang adalah travel yang yang kuat dan berpeluang, artinya rekomendasi strategi yang diberikan oleh penulis disambut positif, sangat dimungkinkan strategi yang dilakukan oleh PT. Musfiratur Semarang untuk terus melakukan ekspansi, sehingga dapat memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Biro perjalanan; Haji dan umroh; Kualitas pelayanan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Additional Information: Pembimbing: Suprihatiningsih, S. Ag., M. Si.; Dedy Susanto. M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 30 Sep 2016 04:02
Last Modified: 30 Sep 2016 04:02
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5630

Actions (login required)

View Item View Item