Teknik penyampaian pesan dakwah dalam film "Air Mata Ibuku"

Waseu, Ibnu (2016) Teknik penyampaian pesan dakwah dalam film "Air Mata Ibuku". Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
111211071.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Film sebagai media komunikasi dapat pula berfungsi sebagai media dakwah, yaitu media untuk mengajak kepada manusia untuk berbuat kebajikan dan mencegah kemungkaran. Karena pesan-pesan yang disampaikan dalam film melalui da’i sebagai pemain dalam film dapat disampaikan dengan muda, mengalir secara lugas, sehingga penonton (mad‟u) dapat menerima pesan yang disampaikan da’i tanpa paksaan. Sebagaimana film dengan judul “Air Mata Ibuku” adalah film yang menggambarkan perjuangan seorang ibu kepada anaknya. Kisah yang menyentuh hati nurani takkan pernah sirna ditelan waktu. Film ini dipersembahkan untuk memperingati Hari Ibu Sedunia. Dengan durasi waktu 1:39:43 yang disutradarai oleh Alip Santosa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan gambar yang dilakukan oleh sang kamera banyak menciptakan visualisasi simbolik yaitu menampilkan karakter tokoh, ekspresi wajah. Yang bertujuan untuk menceritakan secara detail ekspresi dan mimik dari wajah seseorang. Mulai dari memotret orang yang senyum, menangis, dan merenung. Sehingga penonton dibuatnya terharu dalam film ini. Setting atau latar yang sering digunakan dalam adegan film ini sangat sederhana yakni di dalam rumah. Sehingga penonton tidak terlalu ribet dan mudah menerima pesanya. Jenis pendekatan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian Kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Sedangkan spesifikasi penelitian yang peneliti lakukan untuk mengetahui teknik penyampaian pesan dakwah dalam film “Air Mata Ibuku” adalah analisis isi (Content Analysis). Berdasarkan data yang telah diteliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan dakwah dalam film “Air Mata Ibuku” diklasifikasikan menjadi tiga bagian yaitu Aqidah, Sya’riah, dan Akhlak. Pesan Aqidah dalam film ini hanya dalam bidang keimanan kepada Allah. Pesan Sya’riah mencakup pesan ibadah, pesan sosial dan pesan pendidikan. Dan pesan Akhlak mencakup bidang akhlak terhadap keluarga dan akhlak terhadap sesama. Teknik penyampaian pesan dalam film ditinjau dari dua aspek yaitu Audio dan Visual. Audio meliputi dialog, musik, dan sound effect. Sedangkan Visual meliputi teknik pengambilan gambar, lokasi ataupun setting.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah; Film
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
700 The arts > 770 Photography and photographs > 778 Fields and kinds of photography
Additional Information: Pembimbing: DR. H. M. Nafis, M. A.; Nadiatus Salama, M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 17 Sep 2016 00:16
Last Modified: 17 Sep 2016 00:16
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5648

Actions (login required)

View Item View Item