Studi Korelasi antara Persepsi Siswa Tentang Kreativitas Guru dalam Pembelajaran dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas V di SDN Pabeyan Tambakboyo Tuban Tahun Pelajaran 2011/2012

Muzlifatin, Muzlifatin (2012) Studi Korelasi antara Persepsi Siswa Tentang Kreativitas Guru dalam Pembelajaran dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas V di SDN Pabeyan Tambakboyo Tuban Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111027_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111027_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111027_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111027_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111027_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111027_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111027_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: “Apakah ada hubungan antara persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam pembelajaran dengan prestasi belajar PAI siswa kelas V di SDN Pabeyan Tambakboyo Tuban Tahun Ajaran 2011-2012”. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik analisis korelasional. Subyek penelitian sebanyak 30 responden. Adapun metode pengumpulan data menggunakan: metode angket dan metode dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis. Pengujian hipotesis penelitian dengan analisis korelasi. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: setelah melakukan uji coba angket yang berjumlah 45 soal tentang kreativitas guru dalam pembelajaran, maka diperoleh 32 soal yang dinyatakan valid dan reliabel. Dari variabel persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam pembelajaran 32 item soal yang valid reliabel dan instrumen tersebut dibagikan kepada 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam pembelajaran PAI termasuk dalam kategori bagus. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata (Mean) hasil angket persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam kreativitas pembelajaran sebesar 108 dan berada pada interval 105-108. Prestasi belajar PAI siswa kelas V, termasuk dalam kategori bagus. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata (Mean) hasil raport belajar siswa kelas V sebesar 79 dan berada pada interval 75-79. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis korelasi tabel r-teoritik yang menggunakan N = 30, diketahui nilai rtabel pada taraf 5% = 0,361 dan pada taraf 1% = 0,463. Dengan demikian diketahui bahwa hasil r_xy=0,7478 lebih besar daripada nilai rtabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% dan dinyatakan signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam pembelajaran mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar PAI. Dengan melihat hasil pengujian hipotesis variabel persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan variabel prestasi belajar siswa kelas V SDN Pabeyan Tambakboyo Tuban, pada taraf signifikansi 1% dan 5% keduanya menunjukkan signifikan, berarti variabel persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN Pabeyan TambakboyoT uban tahun ajaran 2011/2012

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam; Sekolah Dasar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 05 Dec 2013 06:38
Last Modified: 05 Dec 2013 06:38
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item