Pesan dakwah dalam tayangan adzan Maghrib (analisis tayangan adzan Maghrib di stasiun televisi ANTV, RCTI dan TRANS TV Semarang)

Anam, Mukhamad Khoirul (2016) Pesan dakwah dalam tayangan adzan Maghrib (analisis tayangan adzan Maghrib di stasiun televisi ANTV, RCTI dan TRANS TV Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
111211046.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Waktu maghrib seperti ini merupakan waktu yang tepat karena sebagian besar masyarakat Indonesia beristirahat sejenak dari rutinitas yang di lakukan selama satu hari. Seharusnya tayangan adzan maghrib dalam televisi mampu menyadarkan kita tentang masuknya waktu shalat yang tepat. Akan tetapi banyak sekali tayangan adzan yang tidak sesuai dengan makna yang ingin disampaikan, dalam tayangan adzan itu sendiri, mereka malah keluar dari fokus penyampain makna adzan yang sebenarnya. Kemudian apa saja makna yang terkandung dalam tayangan adzan maghrib yang ada di stasiun televisi ANTV, RCTI dan TRANS TV Semarang. Berawal dari latar belakang tersebut, Maka peneliti tertarik untuk mengkaji hal tersebut sebagai sebuah penelitian yang berjudul “PESAN DAKWAH DALAM TAYANGAN ADZAN MAGHRIB (Analisis Tayangan Adzan Maghrib di Stasiun Televisi ANTV, RCTI dan TRANS TV SEMARANG. Teori yang digunakan adalah analisis semiotika model Roland Bathers. Roland Barthes membuat sebuah model sistematis dalam menganalisis makna dari tanda-tanda melalui analisis semiotik ini. Kita tidak hanya mengetahui bagaimana isi pesan yang hendak disampaikan, melainkan juga bagaimana pesan dibuat, simbol-simbol apa yang digunakan untuk mewakili pesan-pesan melalui film yang disusun pada saat disampaikan kepada khalayak. Barthes memfokuskan pada gagasan tentang signifikasi dua tahap, yaitu denotasi dan konotasi. Denotasi adalah hubungan eksplisit antara tanda dengan referensi atau realitas dalam pertandaan, atau definisi obyektif kata tersebut, sedangkan konotasi adalah makna subyektif atau emosionalnya. Berdasarkan data yang di teliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan dakwah dalam tayangan adzan di stasiun televisi ANTV, RCTI, dan TRANS TV Semarang. Dapat di amati dan di teliti menjadi beberapa aspek pesan dakwah. Yaitu pesan Akidah yang meliputi iman kepada kitab-kitab Allah dan iman kepada Allah, pesan Syari’ah mengkaji tentang ibadah kepada Allah, yang berfokus pada mengajak orang untuk shalat berjama’ah dan pesan Akhlak yang mengakaji tentang akhlak madzmumah, membahas tentang akhlak buruk yang tidak boleh dilakukan kepada teman, pesan pendidikan yang membahas tentang sifat tawadzu’ terhadap orang tua dan orang yang lebih tua, pesan amar ma’ruf nahi mungkar yang mengajak untuk bersabar dalam musibah, kemudian pesan ta’awun yaitu tolong menolong terhadap sesama yang mendapat balasan langsung di dunia dan yang terakhir pesan ukhuwah yang meliputi tentang sifat saling memaafkan dan rasa solidaritas yang tinggi terhadap sesama. Teknik penyampaian pesan dakwah dalam tayangan adzan maghrib ini menggunakan visual meliputi adegan-adagan dan lokasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Nilnan Nikmah, M. Si.; Nur Cahyo Hendro Wibowo, S.T., M. Kom.
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah; Media dakwah; Televisi; Video clip; Adzan Maghrib
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 26 Sep 2016 07:49
Last Modified: 26 Sep 2016 07:49
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5676

Actions (login required)

View Item View Item