Pengaruh Kedisiplinan Belajar Santri terhadap Tingkat Keberhasilan Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Al-Aziz Lasem Rembang

Maghfiroh, Siti (2012) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Santri terhadap Tingkat Keberhasilan Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Al-Aziz Lasem Rembang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111035-Coverdll.pdf - Cover Image

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111035-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111035-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111035-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111035-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111035-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111035-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (33kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang menjadi kajian peneliti, yaitu: (1) Bagaimanakah kedisiplinan belajar santri di pondok pesantren Al-Aziz Lasem Rembang? (2) Bagaimanakah tingkat keberhasilan menghafal al-Qur’an santri pondok pesantren Al-Aziz Lasem Rembang? (3) Adakah pengaruh kedisiplinan belajar santri terhadap tingkat keberhasilan menghafal al-Qur’an santri pondok pesantren Al-Aziz Lasem Rembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kedisiplinan belajar santri di pondok pesantren Al-Aziz Lasem Rembang. (2) Tingkat keberhasilan menghafal al-Qur’an santri pondok pesantren Al-Aziz Lasem Rembang. (3) Seberapa besar pengaruh antara kedisiplinan belajar santri dengan tingkat keberhasilan menghafal al-Qur’an santri pondok pesantren Al-Aziz Lasem Rembang. Penelitian ini menggunakan metode observasi, angket, tes dengan teknik korelasional. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kedisiplinan belajar santri di pondok pesantren Al-Aziz adalah ternilai cukup. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan metode angket yang berisi 20 pertanyaan dan hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata dari variable X (kedisiplinan belajar santri) 75,44 yang berarti ada pada interval (73 -77) sehingga dalam kategori cukup. (2) Tingkat keberhasilan menghafal al-Qur’an santri pondok pesantren Al-Aziz Lasem Rembang dalam kategori cukup. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 72,2 yaitu terdapat antara interval (70-74) dan nilai tersebut termasuk kategori cukup. (3) kedisiplinan belajar santri berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan menghafal al-Qur’an santri pondok pesantren Al-Aziz Lasem Rembang, hal ini terbukti berdasarkan analisa regresi satu prediktor diperoleh hasil regresi (F reg) sebesar 16,05, dikonsultasikan dengan Ftabel (Ft), baik pada taraf kepercayaan 95% maupun 99%. Freg 16,05> Ft(0,05 = 4,28) dan Freg 16,05 >Ft (0,01 = 7,88). Karena hasil Freg lebih besar dari Ft, berarti hasilnya ada pengaruh antara kedisiplinan belajar santri dengan tingkat keberhasilan menghafal al-Qur’an santri pondok pesantren Al-Aziz Lasem Rembang. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para orang tua dan pendidik untuk meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik, dalam artian dimulai dengan melalui pembiasaan-pembiasaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar; Santri; Menghafal Al-Qur’an; Pondok Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 05 Dec 2013 06:55
Last Modified: 05 Dec 2013 06:55
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/574

Actions (login required)

View Item View Item