Implementasi Sistem Moving Class pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Studi Kasus di SMAN 01 Jekulo Kudus)

Syihabuddin, Mohammad (2012) Implementasi Sistem Moving Class pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Studi Kasus di SMAN 01 Jekulo Kudus). Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Syihabuddin_Tesis_Sinopsis.pdf - Accepted Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Syihabuddin_Tesis_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Syihabuddin_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Syihabuddin_Tesis_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (107kB) | Preview
[img] Text
Syihabuddin_Tesis_Bab3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
Syihabuddin_Tesis_Bab4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
Syihabuddin_Tesis_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Syihabuddin_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Tesis “Implementasi Sistem Moving Class Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMAN 01 Jekulo Kudus” merupakan penelitian yang mendiskripsikan tentang implementasi sistem moving class di SMAN 01 Jekulo Kudus yang merupakan sekolah yang menggunakan sistem moving class pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya dan pendidikan lain pada umumnya yang meliputi teknik pelaksanaan sistem moving class, hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan sistem moving class tersebut. Jenis penelitian ini dikategorikan penelitian lapangan (Field Research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan di kancah atau di medan terjadinya gejala-gejala. Penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian kualitatif. Karena hasil dari penelitian ini lebih berkenaan dengan adanya interpretasi terhadap data yang ditemukan di lapangan, serta berusaha melihat dan memahami interaksi yang dapat dijelaskan jika peneliti terlibat langsung dalam wawancara terhadap obyek yang diteliti.Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah interview, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif, menggunakan teknik analisis diskriptif. Teknik analisis yang digunakan mengikuti konsep yang diberikan oleh Miles dan Huberman, yaitu: Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusion Drawing/ Verifikasion (Penarikan Kesimpulan). Sistem moving class adalah proses pembelajaran yang ruang kelasnya didesain untuk mata pelajaran tertentu dan siswa akan pindah ke ruang kelas lain setiap ganti pelajaran. Dengan demikian, ruang kelas akan difungsikan seperti laboratorium. Dengan moving class, siswa akan belajar bervariasi dari satu kelas ke kelas lain sesuai dengan bidang studi yang dipelajarinya. Penggunaan sistem moving class di SMAN 01 Jekulo Kudus selain bertujuan untuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan juga bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa karena adanya inovasi pembelajaran dengan perpindahan kelas dari satu kelas ke kelas yang lain yang menjadikan siswa tidak jenuh dalam satu ruangan kelas permanen, dan bertujuan pula untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penyediaan dan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Hasil penelitian berupa diskripsi tentang implementasi sistem moving class pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan juga mendiskripsikan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan sistem ini. faktor-faktor pendukung dari penggunaan sistem moving class dalam pembelajaran PAI di SMAN 01 Jekulo Kudus adalah tersedianya fasilitas pendidikan yang meliputi sarana prasarana dan media pendidikan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: perpindahan dari satu kelas ke kelas yang berikutnya dapat mengurangi waktu belajar. Jika tidak ada pengelolaan yang baik dari segi pembagian waktu dan tempat nantinya dapat membuat waktu belajar menjadi berkurang dan kedisiplinan menjadi terabaikan. Keterbatasan jumlah ruang kelas yang ada menyebabkan moving class terkadang tidak berjalan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Moving Class; Pendidikan Agama Islam; Metode Pembelajaran; Teaching Methods
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 17 Sep 2013 03:46
Last Modified: 14 Dec 2013 04:26
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/58

Actions (login required)

View Item View Item