Etika guru dan murid dalam tafsir Mafatihul Ghaib karya Al-Razi (studi analisis penafsiran surat Al-Kahfi ayat 66-70)

Mahfudz, Muhammad (2016) Etika guru dan murid dalam tafsir Mafatihul Ghaib karya Al-Razi (studi analisis penafsiran surat Al-Kahfi ayat 66-70). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
114211072.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Etika pendidikan berdasarkan pada sebuah kajian nyata bahwa manusia harus melakukan sesuatu dalam tindakan yang beretika, termasuk didalamnya proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan. pendidikan adalah sebuah interaksi antar manusia terutama Guru dan murid. Oleh sebab itu, sebuah pendidikan tak lepas dari peran guru dan juga murid agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Untuk itu seorang guru maupun murid haruslah mepunyai etika sebagai penunjang untuk mendapatkan ilmu yang berguna dan bermanfa’at. Dalam al-Qur’an ada contoh yang menarik antara seorang guru dan murid adalah kisah nabi Musa dengan nabi Khidir dalam QS. Al Kahfi ayat 66-70. Dalam penafsiran ayat tersebut, banyak penafsir yang mempunyai tafsiran yang berbeda-beda. Diantara para mufassir itu adalah Fahrudin al- Razi Dalam tafsirnya Mafatih al-Ghaib, Beliau menjelaskan tentang etika yang baik dan benar tentang tahapan proses dalam menuntut ilmu Seperti penjelasan al-Razi mengenai surat al-Kahfi ayat 66 misalnya, dalam menjelaskan ayat Dia membagi menjadi dua masalah. Masalah pertama al-Razi menjelaskan dari segi kebahasaan, dan masalah yang kedua al-Razi menjelaskan tentang kepribadian Nabi Musa yang memiliki sopan santun dan sifat lembut, al-Razi kemudian menjelaskan kepribadian nabi Musa itu sampai dua belas keterangan.. Maka dari itu adanya sebuah pertanyaan Bagaimana etika seorang guru dan murid menurut al-Razi dalam tafsirnya Mafatihul al-Ghaib? Dan juga bagaimana relevansi pemikiran al-Razi tentang etika guru dan murid dalam kontek kekinian? Untuk mendapatkan hasil penelitian yang baik, maka dibutuhkan adanya sebuah metode. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka ( Library Research), yang menggunakan sember data primer dan juga sekunder. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, yaitu menuturkan dan menafsirkan data yang berkenaan dengan pokok pembahasan serta menganalisis pendapat al-Razi dalam kitab Mafatihul Ghaib surat al-Kahfi ayat 66-70 tentang kisah nabi Musa dengan nabi Khidir. Analisi datanya yang digunakan adalah Metode deskriptif-analitis dirasaka lebih tepat untuk dipergunakan dalam penelitian ini, karena tidak hanya terbatas pada pengumpulan dan penyusunan data namun juga meliputi usaha klasifikasi data, analisa data dan interpretasi tentang arti data yang diperoleh sehingga dapat menghasil kan gambaran yang utuh dan menyeluruh. Dalam kesimpulan yang didapat adalah pemikiran al-Razi tentang etika guru dan murid dalam kontek kekinian sangatlah relevan dengan kontek saat ini yang mana seorang guru diharuskan: Orang yang ‘alim, mengetahui karakter dan kejiwaan seorang murid, sabar menghadapi Murid karena seorang guru akan senantiasa menghadapi murid yang bermacam-macam, menyangi anak didiknya apapun yang terjadi, menguasai berbagai disiplin ilmu. Dan seorang murid yaitu: Mempunyai sifat tawadzu’, meminta idzin kepada guru untuk diperbolehkan belajar dengannya, merasa lebih bodoh dari guru, meminta kepada guru agar bersedia mengajar sebagian ilmu, berkeyakinan bahwa Allah menganugrahkan ilmu yang lebih kepada guru Pasrah dan minta hidayah kepada Allah, bisa mensyukuri nikmat Allah dengan cara bersungguh-sungguh dalam dalam menuntut ilmu, patuh kepada guru secara mutlak bukan patuh karena hal-hal tertentu saja, khidman dan siap melayani guru dalam keadaan apapun, jangan meminta kepada guru selain ilmu.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika guru; Etika murid; Tafsir Al-Qur'an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Tafsir Hadis
Additional Information: Pembimbing: Moh. Nor Ihwan, M. Ag.; Drs. Zaenul Arifin, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 01 Oct 2016 01:47
Last Modified: 01 Oct 2016 01:47
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5847

Actions (login required)

View Item View Item