Analisis Jenis Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi

Syarifah, Laili (2012) Analisis Jenis Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111077_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111077_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111077_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111077_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111077_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111077_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111077_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas motivasi belajar peserta didik dalam novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi. Kajian ini dilatarbelakangi banyaknya bentuk dan ragam motivasi peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan Bagaimana motivasi belajar peserta didik dalam novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yaitu usaha untuk memperoleh data dengan menggunakan sumber kepustakaan. Dalam penelitian ini difokuskan pada motivasi belajar peserta didik dalam novel Negeri 5 Menara, sehingga dalam mencari data menggunakan metode dokumentasi, yaitu menjadikan catatan atau dokumen sebagai sumber data. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif untuk mendeskripsikan novel Negeri 5 Menara, metode analisis isi (content analysis) untuk mengungkapkan isi tentang motivasi belajar peserta didik dalam novel Negeri 5 Menara. Novel Negeri 5 Menara ditulis oleh A. Fuadi diterbitkan oleh Gramedia pada tahun 2010 terdiri dari 435 halaman. Adapun motivasi belajar peserta didik yang tergambar dari novel Negeri 5 Menara adalah motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik dari Sahibul Menara yang bertujuan antara lain: 1. Berprestasi, 2. Berafiliasi, 3. Berkompetensi, 4. Berkekuasaan, dan 5. Beribadah, meliputi tiga hal penting yaitu: a. Menuntut ilmu agama karena ridha Allah, b. Berbakti kepada orang tua, c. Menjadi penghafal Al-Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan informasi dan masukan bagi peserta didik, pendidik, orang tua, masyarakat dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah untuk lebih memperhatikan motivasi belajar peserta didiknya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Peserta Didik; Novel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
800 Literature and rhetoric > 890 Literatures of other languages > 895 Literatures of East and Southeast Asia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 05 Dec 2013 08:00
Last Modified: 06 Dec 2013 01:13
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/585

Actions (login required)

View Item View Item