Keefektifan strategi pembelajaran REACT terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kalor kelas VII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu tahun pelajaran 2015/2016

Mustafidhin, Muhammad (2016) Keefektifan strategi pembelajaran REACT terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kalor kelas VII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113611009.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan strategi pembelajaran REACT untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kajiannya dilatarbelakangi oleh presentase tingkat ketuntasan minimal siswa dalam mata pelajaran IPA yaitu baru 54,17% siswa yang telah mencapai nilai KKM yaitu 65. Selain itu pembelajaran yang selama ini dilakukan tergolong pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transfering) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kalor kelas VII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terbagi menjadi empat kelas. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang diperoleh adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan strategi pembelajaran REACT sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes. Metode tes (multiple choice test) digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Data hasil penelitian diuji dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan dua rata-rata. Uji hipotesis penelitian ini dengan menggunakan t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi 5% diperoleh thitung = 5,525 sedangkan ttabel = 1,684. Karena thitung > ttabel berarti rata-rata hasil belajar fisika siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran REACT lebih tinggi daripada nilai rata-rata pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran REACT pada materi pokok kalor efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII semester ganjil di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu tahun pelajaran 2015/2016.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; REACT (Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transfering); Kalor; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Abdul Wahid, M. Ag.; Edi Daenuri Anwar, M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 04 Oct 2016 00:26
Last Modified: 04 Oct 2016 00:26
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5888

Actions (login required)

View Item View Item