Pengaruh penerapan model kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap hasil belajar peserta didik pada mapel IPA kelas VII MTs Nurussalam Tersono Kab. Batang tahun ajaran 2015/2016

Himawan, Khirzul Falah (2016) Pengaruh penerapan model kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap hasil belajar peserta didik pada mapel IPA kelas VII MTs Nurussalam Tersono Kab. Batang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113611025.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan model kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap hasil belajar peserta didik pada mapel IPA kelas VII MTs. Nurussalam. Penelitian ini di latarbelakangi oleh problem yang terdapat pada MTs. Nurussalam bahwa peserta didik masih banyak yang beranggapan mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang sulid. Anggapan ini, beraakibat padarendahnya pencapaian nilai hasil belajar peserta didik. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) terhadap hasil belajar peserta didik pada mapel IPA kelas VII MTs. Nurussalam Tersono Kab. Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Nurussalam Kec. Tersono Kab. Batang. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat dari perhitungan uji perbedaan rata–rata kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 4,030 dan ttabel = 1,665. Karena thitung > ttabel dengan dk 78 dan tingkat signifikansi 5%, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang ada, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) sebesar 79,10 dan rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional sebesar 71,15. Dari penguji hipotesis dan nilai rata-rata kedua kelas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mapel IPA kelas VII MTs. Nurussalam Kec. Tersono Kab. Batang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Team Accelerated Instruction (TAI); Hasil belajar; IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Shodiq, M. Ag.; Alwiyah Nurhayati, M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 04 Oct 2016 00:33
Last Modified: 04 Oct 2016 00:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5893

Actions (login required)

View Item View Item