Efektivitas model pembelajaran Knisley terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas X SMA materi pokok Trigonometri di SMA N 8 Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Anggreavi, Sofia Sekar (2016) Efektivitas model pembelajaran Knisley terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas X SMA materi pokok Trigonometri di SMA N 8 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123511072.pdf - Accepted Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Knisley terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas X SMA pada materi pokok trigonometri di SMA Negeri 8 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Jenis eksperimen dalam penelitian ini adalah True Experimental Design dengan bentuk Pretest- Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Semarang yang akan mempelajari bab trigonometri terlebih dahulu, yaitu kelas X.E, X.F, X.G, X.H, dan X.I. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas X.G sebagai kelompok eksperimen dan kelas X.I sebagai kelompok kontrol yang masing-masing kelas memiliki jumlah peserta didik sebanyak 30 anak untuk kelas X.G dan 28 anak untuk kelas X.I. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik kelas X pada materi trigonometri khususnya materi aturan sinus dan aturan cosinus di SMA Negeri 8 Semarang. Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti, penyebab rendahnya ratarata nilai ulangan trigonometri adalah karena rendahnya pemahaman matematis peserta didik terhadap materi trigonometri khususnya subbab aturan sinus dan aturan cosinus. Peserta didik hanya menghafalkan saja konsep materinya sehingga kemampuan pemahaman matematisnya tidak terasah dengan baik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, pengamatan dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan peserta didik kelas X SMA N 8 Semarang, berupa daftar nama peserta didik yang termasuk populasi dan sampel, nilai ulangan harian semester genap tahun lalu. Serta, foto-foto kegiatan pembelajaran ketika menggunakan model pembelajaran Knisley. Metode pengamatan digunakan untuk mengamati tahapan model pembelajaran Knisley dan membandingkan dengan pembelajaran konvensional. Terakhir metode tes digunakan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Knisley terhadap pemahaman matematis peserta didik kelas X SMA N 8 Semarang. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan Uji - t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh t (hitung) = 4,72 t (tabel) = 1,673. Karena t (hitung > t(tabel) maka Ho ditolak dan H1 diterima. Ini berarti nilai rata-rata pemahaman matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Knisley lebih tinggi dari pada nilai rata-rata peserta didik untuk kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh dari nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen 41,10 dan rata-rata posttest kelas kontrol 28,30. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Knisley efektif terhadap pemahaman matematis peserta didik kelas X SMA pada materi pokok trigonometri di SMA N 8 Semarang tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pemahaman matematis; Trigonometri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Additional Information: Pembimbing: Emy siswanah, S. Pd., M. Sc.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 06 Oct 2016 02:43
Last Modified: 06 Oct 2016 02:43
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5911

Actions (login required)

View Item View Item