Pengembangan bahan ajar fisika (listrik statis, sumber arus listrik, energi dan daya listrik) kelas IX SMP/MTs berbasis kearifan lokal

Mumaiyizah, Mumaiyizah (2016) Pengembangan bahan ajar fisika (listrik statis, sumber arus listrik, energi dan daya listrik) kelas IX SMP/MTs berbasis kearifan lokal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123611006.pdf - Accepted Version

Download (53MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya buku ajar Fisika kelas IX SMP/MTs berbasis kearifan lokal pada materi kelistrikan yang berada di Sekolah. Sesuai dengan misi UIN Walisongo yaitu menggali, mengembangkan dan menerapkan nilai-nilai kearifan lokal, peneliti melakukan penelitian dan pengembangan dengan tujuan: 1) mengembangkan bahan ajar Fisika berbasis kearifan lokal; dan 2) mengetahui kualitas bahan ajar Fisika berbasis kearifan lokal. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur yang dikemukakan oleh Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi dua tahap yaitu tahap pendahuluan dan tahap pengembangan. Tahap pendahuluan terdiri dari studi kepustakaan, analisis kearifan lokal dan perencanaan, sedangkan tahap pengembangan terdiri dari penyusunan produk awal, penilaian produk, revisi produk dan produk akhir. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kualitas bahan ajar fisika yaitu menggunakan skala Likert dengan empat kategori disusun dalam bentuk checklist. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data kualitatif dari ahli materi, ahli media dan guru fisika, kemudian mengubah hasil penilaian ahli dari bentuk data kualitatif ke data kuantitatif (huruf ke skor dan persentase). Hasil penilaian menunjukkan bahwa bahan ajar fisika ini layak digunakan dengan kategori baik (B). Hal ini didasarkan pada persentase rata-rata bahan ajar untuk ahli materi 73.75%, untuk ahli media 89.75% dan guru fisika 75.69%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; Kearifan lokal; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 537 Electricity and electronics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Additional Information: Pembimbing: Wenty Dwi Yuniarti, S. Pd., M. Kom.; Agus Sudarmanto, M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 06 Oct 2016 02:49
Last Modified: 06 Oct 2016 02:49
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5916

Actions (login required)

View Item View Item