Analisis butir soal objektif bentuk multiple choice hasil Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kabupaten Kendal pada mata pelajaran Biologi semester gasal kelas XI SMA Negeri 1 Pegandon tahun pelajaran 2015/2016
Rahma, Sailatu (2016) Analisis butir soal objektif bentuk multiple choice hasil Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kabupaten Kendal pada mata pelajaran Biologi semester gasal kelas XI SMA Negeri 1 Pegandon tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (679kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (228kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (462kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (979kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (936kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (182kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan fungsi distraktor butir soal objektif hasil MGMP Biologi kabupaten Kendal mata pelajaran Biologi pada semester gasal kelas XI SMA Negeri 1 Pegandon. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu tes atau butir-butir soal objektif bentuk Multiple Choice hasil MGMP Biologi pada semester gasal siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pegandon, lembar hasil jawaban tes siswa, dan kisi-kisi pembuatan butir-butir soal tes. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi.
Data penelitian yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Korelasi point biserial (rpbi) digunakan untuk menganalisis validitas butir soal dan formula Kuder-Ricardson (K-R 20) untuk analisis reliabilitas.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa : pertama, untuk validitas isi belum valid karena, sebanyak 17,5% soal belum sesuai antara kisi-kisi soal dengan soalnya disebabkan penomorannya berbeda dengan kisi-kisi, ada 7,5% soal tertulis pada soal akan tetapi tidak tercantum dalam kisi-kisi disamping itu sebanyak 75% soal sudah sesuai dengan kisi-kisi. Uji validitas konstruk menunjukkan hasil dimana 75% soal tergolong dalam aspek kognitif jenjang pengetahuan, 20% soal termasuk dalam aspek kognitif jenjang pemahaman, dan 5% soal termasuk dalam aspek kognitif jenjang aplikasi. Uji validitas butir soal membuktikan 82,5% butir soal valid dan 17,5% butir soal invalid. Kedua, tes mata pelajaran Biologi kelas XI semester gasal tesebut tergolong reliabel (r11= 0,8320). Ketiga, pada analisis tingkat kesukaran terdapat 20% butir soal tergolong terlalu mudah, 67,5% butir soal tergolong sedang dan sekitar 12,5% butir soal tergolong sukar. Keempat, pada analisis daya pembeda terdapat 10% butir soal memiliki daya beda sangat baik, 50% butir soal memiliki daya beda baik, 32,5% butir soal memiliki daya beda cukup, dan 5% butir soal memiliki daya beda jelek sekali. Kelima, tes mata pelajaran Biologi kelas XI semester gasal tesebut memiliki 72% option yang dapat berfungsi dengan baik dan 28% option belum berfungsi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. H. Abdul Rohman, M. Ag.; Dian Triastari Armanda, M. Si. |
Uncontrolled Keywords: | Analisis soal; Biologi; Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP); Evaluasi pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20] |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 07:56 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 07:56 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5923 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year