Analisis butir soal objektif bentuk multiple choice hasil Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kabupaten Kendal pada mata pelajaran Biologi semester gasal kelas XI SMA Negeri 1 Pegandon tahun pelajaran 2015/2016

Rahma, Sailatu (2016) Analisis butir soal objektif bentuk multiple choice hasil Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kabupaten Kendal pada mata pelajaran Biologi semester gasal kelas XI SMA Negeri 1 Pegandon tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan fungsi distraktor butir soal objektif hasil MGMP Biologi kabupaten Kendal mata pelajaran Biologi pada semester gasal kelas XI SMA Negeri 1 Pegandon. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu tes atau butir-butir soal objektif bentuk Multiple Choice hasil MGMP Biologi pada semester gasal siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pegandon, lembar hasil jawaban tes siswa, dan kisi-kisi pembuatan butir-butir soal tes. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Data penelitian yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Korelasi point biserial (rpbi) digunakan untuk menganalisis validitas butir soal dan formula Kuder-Ricardson (K-R 20) untuk analisis reliabilitas. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa : pertama, untuk validitas isi belum valid karena, sebanyak 17,5% soal belum sesuai antara kisi-kisi soal dengan soalnya disebabkan penomorannya berbeda dengan kisi-kisi, ada 7,5% soal tertulis pada soal akan tetapi tidak tercantum dalam kisi-kisi disamping itu sebanyak 75% soal sudah sesuai dengan kisi-kisi. Uji validitas konstruk menunjukkan hasil dimana 75% soal tergolong dalam aspek kognitif jenjang pengetahuan, 20% soal termasuk dalam aspek kognitif jenjang pemahaman, dan 5% soal termasuk dalam aspek kognitif jenjang aplikasi. Uji validitas butir soal membuktikan 82,5% butir soal valid dan 17,5% butir soal invalid. Kedua, tes mata pelajaran Biologi kelas XI semester gasal tesebut tergolong reliabel (r11= 0,8320). Ketiga, pada analisis tingkat kesukaran terdapat 20% butir soal tergolong terlalu mudah, 67,5% butir soal tergolong sedang dan sekitar 12,5% butir soal tergolong sukar. Keempat, pada analisis daya pembeda terdapat 10% butir soal memiliki daya beda sangat baik, 50% butir soal memiliki daya beda baik, 32,5% butir soal memiliki daya beda cukup, dan 5% butir soal memiliki daya beda jelek sekali. Kelima, tes mata pelajaran Biologi kelas XI semester gasal tesebut memiliki 72% option yang dapat berfungsi dengan baik dan 28% option belum berfungsi dengan baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis soal; Biologi; Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP); Evaluasi pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Abdul Rohman, M. Ag.; Dian Triastari Armanda, M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 07 Oct 2016 07:56
Last Modified: 07 Oct 2016 07:56
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5923

Actions (login required)

View Item View Item