Pengaruh pemahaman pengetahuan lingkungan terhadap sikap konservasi mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2012-2014 UIN Walisongo Semarang

Yohanifah, Farkha (2016) Pengaruh pemahaman pengetahuan lingkungan terhadap sikap konservasi mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2012-2014 UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (670kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (527kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (510kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (714kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemahaman pengetahuan lingkungan merupakan salah satu patokan kompetensi yang dicapai setelah mahasiswa melakukan kegiatan belajar. Mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang mempelajari yang terkait dengan makhluk hidup. Sehingga secara langsung maupun tidak, mereka berhadapan dengan lingkungan. Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungannya. Ada dan tidaknya masalah lingkungan bergantung bagaimana sikap dan hakikat sifat manusia terhadap lingkungan itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pemahaman pengetahuan lingkungan, sikap konservasi dan pengaruh pemahaman pengetahuan lingkungan terhadap sikap konservasi mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2012-2014 UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 31 Maret 2016 sampai 6 April 2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif yang menggunakan analisis data regresi linier sederhana dan menggunakan metode tes serta angket. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mendapatkan data tentang pemahaman pengetahuan lingkungan (variabel ) dan menggunakan angket untuk mendapatkan data tentang sikap konservasi (variabel ). Jenis sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dengan jumlah 58 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara pemahaman pengetahuan lingkungan terhadap sikap konservasi mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2012-2014 UIN Walisongo Semarang. Nilai besarnya pengaruh adalah 14,5 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Lianah, M. Pd.; Kusrinah, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan lingkungan; Sikap konservasi; Pelestarian alam; Mahasiswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture > 639 Hunting, fishing, conservation
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 07 Oct 2016 08:06
Last Modified: 07 Oct 2016 08:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5929

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics