Analisis pengaruh pelayanan, fasilitas, harga serta physical evidence terhadap kepuasan pasien dalam melakukan pengobatan di RSI Sultan Agung Semarang

Rizal, Muhammad (2016) Analisis pengaruh pelayanan, fasilitas, harga serta physical evidence terhadap kepuasan pasien dalam melakukan pengobatan di RSI Sultan Agung Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (764kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (588kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (416kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Semakin meningkatnaya persaingan serta pelanggan yang semakin selektif dan berpengetahuan mengharuskan RSI Sultan Agung Semarang selaku salah satu penyedia jasa pelayanan kesehatan untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanannya. Untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan, terlebih dahulu harus diketahui apakah pelayanan yang telah diberikan kepada pasien selama ini telah sesuai serta sudah memuaskan dengan harapan pasien atau belum. Dari gambaran diatas penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien dalam melakukan pengobatan atau pemeriksaan di RSI Sultan Agung Semarang, dengan judul “Analisis pengaruh Pelayanan, Fasilitas, Harga, serta Physical Evidence terhadap kepuasan pasien dalam melakukan pengobatan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang”.
Berdasarkan uraian tersebut maka permasalahan yang timbul adalah seberapa besarkah pengaruh Pelayanan, Fasilitas, Harga, serta Physical Evidence terhadap kepuasan pasien yang melakukan pengobatan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel Pelayanan, Fasilitas, Harga, serta Physical Evidence terhadap kepuasan pasien yang melakukan pengobatan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif di mana terdapat variabel-variabel yaitu Pelayanan, Fasilitas, Harga, serta Physical Evidence sebagai variabel bebas (independent ) dan kepuasan pasien sebagai variabel terikat (dependent). Dan populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan serta inap di RSI Sultan Agung Semarang, adapun sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji validitas dan rebilitas, uji asumsi klasik selanjutnya metode untuk menganalisis data menggunakan metode analisis regresi berganda dengan menggunakan uji hipotesis berupa uji t, uji simultan (uji F) dan koefisien determinasi. Dari analisis tersebut diperoleh hasil analisis regresi sebagai berikut :
Y = 0,306 + 0,349X1 + 0,256X2 - 0,012X3 + 0,387X4
Variabel Physical Evidence memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan pasien sebesar 0,387, variabel Pelayanan mempunyai pengaruh sebesar 0,349, variabel Fasilitas mempunyai pengaruh sebesar 0,256, variabel Harga mempunyai pengaruh sebesar -0,012. Pengujian hipotesis menggunakan uji t yang menunjukan bahwa variabel Pelayanan (X1) yang diteliti terbukti secara positif dan signifikan sedangkan variable Fasilitas (X2) yang diteliti terbukti secara positif dan signifikan, variabel Harga (X3) yang diteliti terbukti secara negatif dan tidak signifikan dan variabel Physical Evidence (X4) yang diteliti terbukti secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel kepuasan pasien (Y). Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa hubungan antara variabel X dan Y secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien terlihat dari Fhitung(13,820)>Ftabel(2,467). Kemudian nilai Adjusted R Square menunjukan 0,391 mengindikasikan bahwa variabel independen mampu mempengaruhi variabel dependen sebesar 39,1%. Sedangkan sisanya sebesar 60,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelayanan; Fasilitas rumah sakit; Physical evidence; Kepuasan pasien
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 14 Oct 2016 01:17
Last Modified: 10 Dec 2021 10:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5939

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics