Peran BP4 dalam Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah (Studi Kasus di Kecamatan Purwodadi)

Muchlisin, Muchlisin (2010) Peran BP4 dalam Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah (Studi Kasus di Kecamatan Purwodadi). Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Muchlisisn_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muchlisisn_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muchlisisn_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (188kB) | Preview
[img] Text
Muchlisisn_Tesis_Bab3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
Muchlisisn_Tesis_Bab4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img]
Preview
Text
Muchlisisn_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muchlisisn_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul “Peran BP4 dalam Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah (Studi Kasus di Kecamatan Purwodadi)” ini, bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa tentang bagaimana kinerja BP4 Kecamatan Purwodadi dalam memberikan bimbingan dan konseling pernikahan/keluarga bermasalah dan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat kinerjanya Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil objek penelitian Badan Penasehatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Kec. Purwodadi Kab. Grobogan. Maka dari itu, data penelitiannya bersumber dari berbagai data di lapangan yang berkaitan dengan masalah tersebut. Proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif., sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif non-statistik dengan pola pikir induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja BP4 Kec. Purwodadi dalam memberikan bimbingan dan konseling terhadap keluarga bermasalah sudah tepat, maksudnya sudah sesuai dengan teknik-teknik dasar dalam konseling pernikahan/keluarga. Di samping itu, kinerja BP4 juga sudah sesuai dengan harapan, baik dari kalangan internal BP4 sendiri maupun dari pihak konseli. Meskipun masih terdapat beberapa faktor yang menghambat kinerja BP4, namun tidak mengurangi keberhasilan BP4 dalam bekerja, sehingga kinerja BP4 dapat dikatakan sukses. Salah satu indikator kesuksesan kinerja BP4 adalah, bahwa mayoritas (yakni 80%) pasangan suami-istri yang menyelesaikan masalah pernikahannya melalui konselor BP4 akhirnya kembali ishlah/damai. Pendekatan yang diterapkan oleh konselor BP4 dalam memberikan bimbingan dan konseling pernikahan/keluarga adalah lebih kepada pendekatan agama (religius), dimana konsep-konsep yang diberikan oleh konselor didasarkan pada pedoman ayat-ayat Allah SWT dalam al-Qur’an dan al-Hadis Rasulullah SAW, serta kaidah ushul fiqh yang berbunyi “Dar ul mafaasid muqadamun ‘alaa jalbil mashaalih”. Dilihat dari beberapa pendekatan dalam konseling pernikahan, maka pendekatan yang diterapkan oleh konselor BP4 adalah Pendekatan Sistem Keluarga Menurut Bowen (Bowen Family System). Inti dari teori ini adalah adanya perbedaan antara emosi dan proses intelektual serta kemampuan seseorang dalam mengatur dirinya dan kebersamaannya dalam hubungan interpersonal. Teknik yang digunakan konselor dalam sistem ini adalah; pertama, konselor meminta agar setiap individu memiliki konsep diri positif, sehingga tidak menimbulkan kecemasan pada saat interaksi, dan kedua, konselor harus memahami silsilah keluarga konseli (genogram).

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keluarga Sakinah; Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 05 Dec 2013 09:26
Last Modified: 05 Dec 2013 09:26
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item View Item