Strategi pemasaran produk dana iB gadai emas di BNI Syariah Cabang Semarang

Ayuningtyas, Nia Rachma (2016) Strategi pemasaran produk dana iB gadai emas di BNI Syariah Cabang Semarang. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

BNI Syari’ah adalah salah satu lembaga keuangan syari’ah yang berfungsi sebagai lembaga intermediasi untuk menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat. Salah satu produk BNI Syari’ah yang cukup diminati adalah produk iB Gadai Emas. Hal ini dikarenakan karena produk tersebut dapat memberi keuntungan bagi masyarakat yang sedang membutuhkan dana. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti tentang produk ini. Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah, Pertama, bagaimana strategi pemasaran produk dana iB Gadai Emas di BNI Syari’ah Cabang Semarang, dan Kedua, bagaimana mekanisme produk dana iB Gadai Emas di BNI Syari’ah Cabang Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah penelitian lapangan dengan mengambil lokasi penelitian di BNI Syari’ah Kantor Cabang Semarang dengan pendekatan kualitatif. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Dari penelitian ini, dihasilkan temuan sebagai berikut, Pertama, strategi yang diambil oleh BNI Syari’ah Cabang Semarang untuk memasarkan produk iB Gadai Emas yaitu dengan sasaran dalam memasarkan produk gadai emas harus baik, waktu dalam memasarkan produk gadai emas tersebut juga harus tepat, mengupayakan dan meningkatkan struktur modal, memaksimalkan pengembangan produk gadai emas, memperbaiki performance gadai emas, memberikan sauvenir. Kedua, akad yang digunakan dalam gadai emas adalah Rahn, dimana nasabah menggadaikan emasnya dan memberikan biaya upah (ujrah).

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Heny Yuningrum, SE., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Gadai emas; Pegadaian syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 18 Oct 2016 04:25
Last Modified: 18 Oct 2016 04:25
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5960

Actions (login required)

View Item View Item