Penerapan metode hypnoteaching dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran Fiqih materi zakat siswa kelas VIII di MTs NU 17 Desa Kertosari Singorojo Kendal 2015

Habibi, M. Faizal (2015) Penerapan metode hypnoteaching dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran Fiqih materi zakat siswa kelas VIII di MTs NU 17 Desa Kertosari Singorojo Kendal 2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (987kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (862kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar akan tercapai sesuai dengan yang diharapkan apabila ada kesesuaian metode belajar dengan materi ajar dan dalam proses pembelajarannya terjadi interaksi antara siswa dengan lingkunganya sehingga diharapkan terjadinya perubahan perilaku kearah yang lebih baik. Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa maka pendidik mencoba menggunakan metode pengajaran yang tepat dan tidak monoton. Hypnoteaching merupakan metode pengajaran yang menjadikan siswa tidak jenuh dan mampu membangkitkan semangat siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII MTs NU 17 Kertosari Kendal tahun 2015, ditemukan prestasi siswa pada pelajaran fiqih masih banyak yang belum mencapai KKM yaitu 75. Dalam upaya meningkatkan prestasi belajar kelas VIII MTs NU 17 Kertosari, muncul permasalahan yaitu bagaimana penerapan metode hypnoteaching dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran fiqih materi zakat siswa kelas VIII di MTs NU 17 Kertosari? Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Metode Hypnoteaching Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fiqih Materi Zakat Siswa Kelas VIII Di MTs NU 17 Desa Kertosari Singorojo Kendal 2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Metode pengajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Hypnoteaching. Data penelitian ini didapatkan dari hasil Observasi dan wawancara pada pra siklus (sebelum diberi perlakuan). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar siswa. Setelah semua data terkumpul maka peneliti berusaha menjelaskan suatu objek permasalahan secara sistematis serta memberikan analisa secara cermat dalam bentuk uraian deskriptif. Dalam penelitian ini menunjukan hasil pada tahap observasi awal, hasil pengamtan terhadap peserta didik hanya 66,67% dari 30 siswa di kelas VIII MTs NU 17 Kertosari yang mencapai KKM. Pada tahap siklus I sudah menunjukan peningkatan prestasi belajar siswa yaitu mencapai 73,33% dan pada tahap siklus II sudah menunjukan peningkatan yang signifikan yaitu mencapai 100% dan ini sudah bisa dikatakan berhasil karena sudah melebihi indikator ketercapaian yang sudah ditentukan yakni mencapai 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode hypnoteaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa maple fiqih materi zakat kelas VIII di MTs NU 17 Kertosari Singorojo Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Shodiq, M. Ag.; Drs. H. Muslam, M. Ag., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hypnoteaching; Prestasi belajar; Zakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 31 Oct 2016 05:50
Last Modified: 31 Oct 2016 05:50
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6006

Actions (login required)

View Item View Item