Efektivitas penggunaan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada materi pokok struktur bagian tumbuhan dan fungsinya di MI Rifa’iyah Limpung Batang tahun pelajaran 2015/2016

Zufiana, Ana (2016) Efektivitas penggunaan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada materi pokok struktur bagian tumbuhan dan fungsinya di MI Rifa’iyah Limpung Batang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 093911007.pdf]
Preview
Text
093911007.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi dari hasil nilai rata-rata setiap peserta didik, dimana rata-rata hasil belajar peserta didik kurang memahami pembelajaran materi ilmu pengetahuan alam.
Di dalam pembelajaran, mempraktikkan materi merupakan hal yang paling dianjurkan. Di samping dapat menguatkan pesan-pesan materi yang ada dalam suatu peran, peserta didik juga tidak terlalu sulit untuk mempraktikkan hal tersebut, karena hal yang dipraktikan merupakan sikap yang sering dilakukan setiap hari. Kuat kaitannya dengan penanaman moral atau akhlak peserta didik ketika materi yang disampaikan berbentuk hal yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik yang dapat dikelompokkan menjadi faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor eksternal adalah guru. Guru berperan besar dalam memilih pendekatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan agar peserta didik terprestasi untuk berprestasi serta dapat memahami pelajarannya dengan baik.
Melihat permasalahan di MI Rifa’iyah Limpung Batang khususnya kelas IV, peneliti tertarik untuk menerapkan pendekatan jelajah alam sekitar. Peneliti memilih menerapkan pendekatan Jelajah Alam Sekitar karena peneliti melihat karakteristik peserta didik MI yang suka permainan dan jelajah.
Pendekatan JAS merupakan pendekatan yang kegiatan pembelajarannya selalu dikaitkan dengan alam sekitar secara langsung maupun tidak langsung. Pendekatan JAS menekankan pada kegiatan pembelajaran yang dikaitkan dengan situasi nyata, selain dapat membuka wawasan berpikir yang beragam dari seluruh peserta didik, penerapan pendekatan JAS didukung dengan tersedianya sumber daya alam di sekitar sekolah antara lain sawah, kebun, dan potensi lokal yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan jelajah alam sekitar dalam pembelajaran IPA materi pokok struktur bagian tumbuhan dan fungsinya pada siswa kelas IV MI Rifa’iyah Limpung Batang, 2) Untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan jelajah alam sekitar dalam pembelajaran IPA materi pokok struktur bagian tumbuhan dan fungsinya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Rifa’iyah Limpung Batang.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang pelaksanaan penelitiannya menggunakan desain control group pre-test-post-test pada kelompok ekuivalen, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penerapan pendekatan jelajah alam sekitar dalam pembelajaran IPA materi pokok struktur bagian tumbuhan dan fungsinya pada siswa kelas IV MI Rifa’iyah Limpung Batang dapat dikatakan efektif hal ini dikarenakan perolehan nilai t hitung positif dan lebih kecil dari t tabel yaitu 1.165 < 1.734.
Penerapan pendekatan jelajah alam sekitar dalam pembelajaran IPA materi pokok struktur bagian tumbuhan dan fungsinya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Rifa’iyah Limpung Batang hal ini dapat dilihat dari perbedaan nilai rata-rata pada analisis data akhir untuk kelas kontrol yaitu rata-rata 68.00 dan untuk kelas eksperimen yaitu rata-rata 72.15.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Jelajah Alam Sekitar; Hasil belajar; Tumbuhan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 02 Nov 2016 07:19
Last Modified: 09 Dec 2021 09:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6020

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics