Upaya meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi di Indonesia melalui metode pembelajaran berbasis proyek siswa kelas V MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak

Ahyadiyah, Pandan Dwi (2016) Upaya meningkatkan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi di Indonesia melalui metode pembelajaran berbasis proyek siswa kelas V MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103911081.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas upaya peningkatan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi di Indonesiamelalui metode Pembelajaran berbasis proyek Siswa Kelas V di MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak. Rumusan masalah dalam penelitianini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran IPS siswa kelas V MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak? 2) Apakah penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V di MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak? Adapuntujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran IPS siswa kelas V MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasilbelajar IPS materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia dengan metode pembelajaran berbasis proyek di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak. Sedangkan manfaat penelitian ini sangat besar baik secara teoritik yaitu : (a) Informasi yang diperoleh dalam penelitian ini diharapkan dapat memotivasi peneliti lain untuk mengungkapkan sisi lain yang belum diterangkan dalam penelitian ini, (b) Memperkaya khazanah ilmu pengetahuan dalam rangka peningkatan motivasi diri untuk belajar, maupun secara praktis hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan kepada semua pihak dalam mengembangkan pendidikan. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak yang berjumlah 28 siswayang terdiri dari 16siswadan 12siswi. Penelitian ini class room action research atau penelitian tindakan kelas (PTK). Pada penelitian ini metode pengumpulan datanya menggunakan beberapa metode antara lain: (a) Metode dokumentasi, metode observasi, metode tes (testertulis, tugas dan lisa nuntuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa dan metode wawancara. Setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas secara meyakinkan telah berhasil yaitu ada peningkatan hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi di Indonesia melalui metode pembelajaran berbasis proyek siswa kelas V MI Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil nilai rata-rata yaitu pada pra siklus 62,86, pada siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 80,68 dan pada siklus II nilai rata-rata adalah 91,43 sedangkan nilai ketuntasan klasikal pada pra siklus 40,00%, pada siklus I menjadi 78,36% dan pada siklus II menjadi 88,57%. Saran guru harus benar-benar menguasai materi dan kelasdalam pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi di Indonesia melalui metode pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar siswa disamping juga menyiapkan pembelajaran yang disusun sesuai skedul dan dirancang sedemikian rupa sehingga siswa dapat berpartisipasi aktif baik secara fisik maupun psikis sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancer sesuai indicator pembelajaran, guru harus menambah wawasan dengan mengikuti beberapa pelatihan dan seminar yang berhubungan dengan pembelajaran dan metode pembelajaran ini sebagai input bagi pendidik dalam mengembangkan pembelajaran dan juga sebagai out put bagi siswa dalam menerima pembelajaran secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Syamsul Ma’arif, M. Ag.; Dr. H. Ikhrom, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Pembelajarn berbasis proyek; Hasil belajar; Ilmu pengetahuan sosial
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 03 Nov 2016 07:49
Last Modified: 03 Nov 2016 07:49
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6035

Actions (login required)

View Item View Item