Implementasi pembelajaran membaca Al-Quran (studi pada anak tunanetra di MI LB Budi Asih Semarang)

Auhad, Abdullah (2015) Implementasi pembelajaran membaca Al-Quran (studi pada anak tunanetra di MI LB Budi Asih Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113111028.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya. Perbedaan ini bukan berarti membuat anak-anak berkebutuhan khusus ini menyerah dalam hal belajar, inipun yang terjadi pada anak tunanetra yang belajar di MI LB Budi Asih Semarang. Untuk itu studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, bagaimana anak tunanetra dalam belajar membaca al-Qur’an dan implementasi membaca Al-Qur’an pada anak tunanetra. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, penelitian bermaksud untuk memahami tentang apa yang dialami subjek penelitian pada suatu konteks khusus. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya pengolahan data menggunakan tiga langkah utama dalam penelitian, yaitu: reduksi data, penyajian data (display data), verifikasi data (menyimpulkan data). Sedangkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa, dalam membelajarkan anak tunanetra dalam membaca al-Qur’an pada anak tunanetra di MI LB Budi Asih Semarang menggunakan metode membaca Baghdadiyah, yaitu metode membaca dengan cara mengeja huruf satu per satu. Pada proses implementasi pembelajaran membaca al-Qur’an, guru memberikan bentuk pelayanan pendidikan yang telah disesuaikan dengan karakteristik dan kemampuan anak didik. Karena guru secara aktif mengambil inisiatif untuk berinteraksi dan memberi petunjuk ke anak didik, sehingga bisa memperoleh kemajuan yang besar dalam pembelajarannya. Guru dituntut harus sabar dan tekun. Karena, secepat-cepatnya anak tunanetra mengusai cara membaca tidak akan lebih cepat daripada anak normal. Serta adanya interaksi yang sehat antara anak dan orang tua/ keluarga, dan lingkungan menjadi sangat penting dalam mempengaruhi kemajuan belajar anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: H. Mursid, M. Ag.; Luthfiyah, MSI.
Uncontrolled Keywords: Membaca al-Qur'an; Tunanetra
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 03 Nov 2016 07:52
Last Modified: 03 Nov 2016 07:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6038

Actions (login required)

View Item View Item