Studi korelasi antara persepsi siswa terhadap perhatian guru PAI dengan kedisiplinan salat fardhu siswa kelas VIII SMP N 4 Semarang tahun ajaran 2015/2016

Zaen, Tahta Alfina (2016) Studi korelasi antara persepsi siswa terhadap perhatian guru PAI dengan kedisiplinan salat fardhu siswa kelas VIII SMP N 4 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113111146.pdf]
Preview
Text
113111146.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya korelasi antara persepsi siswa terhadap perhatian guru PAI dengan kedisiplinan salat fardhu siswa kelas VIII SMP N 4 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakdisiplinan salat fardhu siswa-siswa sekarang ini yang seakan lupa bahwa kewajiban ibadah salat merupakan unsur rukun Islam. Ketika siswa mulai tidak taat kepada peraturan agama, maka perlunya peran orang yang lebih dewasa khususnya guru PAI untuk memberikan koreksi, pengawasan, nasehat serta motivasi untuk mereka mendapatkan pemahaman dari bersikap disiplin di segala urusan kehidupan tanpa terkecuali urusan ibadah salat. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Bagaimana persepsi siswa kelas VIII terhadap perhatian guru PAI di SMP N 4 Semarang tahun ajaran 2015/2016? 2. Bagaimana kedisiplinan salat fardhu siswa kelas VIII di SMP N 4 Semarang tahun ajaran 2015/2016? 3. Adakah korelasi antara persepsi siswa terhadap perhatian guru PAI dengan kedisiplinan salat fardhu siswa kelas VIII di SMP N 4 Semarang tahun ajaran 2015/2016?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Dari segi teknik pengumpulan data penelitian ini termasuk penelitian survei yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian.
Subjek penelitian sebanyak 150 responden yang diambil secara acak dari jumlah keseluruhan 243 siswa kelas VIII yang beragama Islam. Dalam penelitian ini menghasilkan persamaan regresi Y ̂=68,877+0,353X, arti persamaan tersebut adalah variabel kedisiplinan salat siswa (Y) akan meningkat sebesar 0,353 untuk setiap peningkatan pada variabel persepsi siswa terhadap perhatian guru PAI (X). Dengan hasil koefisien determinasinya sebesar 0,064 yang menggambarkan bahwa dalam penelitian ini persepsi siswa terhadap perhatian guru PAI mempunyai sumbangan sebesar 6,4% terhadap kedisiplinan salat siswa.
Berdasarkan uji anava, dengan membandingkan harga Freg dengan Ftabel. Jika Freg > Ftabel maka Ho ditolak (signifikan) dan sebaliknya jika Freg < Ftabel maka Ho diterima (non signifikan). Dengan taraf signifikansi 5% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N-2 = 148 diperoleh Ftabel sebesar 3,91 sedang Freg sebesar 10,25. Jika dibandingkan keduanya Freg = 10,25 > Ftabel = 3,91. Kemudian pada taraf signifikansi 1% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N–2= 148 diperoleh Ftabel sebesar 6,81 sedangkan Freg sebesar 10,25. Jika dibandingkan keduanya Freg = 10,25 > Ftabel = 6,81 dengan demikian bahwa variabel persepsi siswa terhadap perhatian guru PAI berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan salat fardhu siswa di SMP N 4 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Abdul Wahid, M. Ag.; Hj. Nur Asiyah, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Perhatian guru; Persepsi siswa; Kedisiplinan shalat
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 07 Nov 2016 04:57
Last Modified: 07 Nov 2016 04:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6051

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics