Pengaruh intensitas mengikuti salat zuhur berjamaah di sekolah terhadap kedisiplinan salat fardu berjamaah dalam keseharian siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang tahun pelajaran 2015-2016

Handayani, Erni (2016) Pengaruh intensitas mengikuti salat zuhur berjamaah di sekolah terhadap kedisiplinan salat fardu berjamaah dalam keseharian siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang tahun pelajaran 2015-2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123111026.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana tingkat intensitas untuk mengikuti salat dhuhur berjamaah di sekolah siswa kelas kelasVII SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang Tahun Pelajaran 2015 / 2016, (2) Bagaimana tingkat kedisiplinan salat berjamaah dalam keseharian siswa kelas kelas VII SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang Tahun Pelajaran 2015 / 2016, (3) Seberapa besar pengaruh antara Intensitas Mengikuti Salat Dhuhur Berjamaah di Sekolah Terhadap Kedisiplinan Salat Fardlu Berjamaah dalam Keseharian Siswa kelasVII SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berbentuk kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket dan Dokumentasi, data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Intensitas mengikuti salat dzuhur berjamaah di sekolah siswa kelas kelas VII SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang Tahun Pelajaran 2015 / 2016 termasuk dalam kategori “baik” dengan nilai rata-rata yaitu = 67, 32. (2) Kedisiplinan salat fardu berjamaah dalam keseharian siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang tahun pelajaran 2015/2016 termasuk dalam kategori “baik” diperoleh nilai rata-rata yaitu = 63,38 (3) Pengaruh intensitas mengikuti salat dzuhur berjamaah di sekolah terhadap kedisiplinan salat fardu berjamaah dalam keseharian siswa kelas VII SMP Al-Azhar 29 BSB Semarang tahun pelajaran 2015/2016 diperoleh yaitu r^2 = 0,284 . Jadi, pengaruh variabel intensitas mengikuti salat dhuhur berjamaah di Sekolah terhadap kedisiplinan salat fardlu berjamaah dalam keseharian adalah 0,284 (0,284%) sisanya (100-28,4%) 71,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Selain itu diperoleh F_reg = 20,25 > F_t0,05 = 4, 036, Dan didapatkan persamaan regresi = 16,5 + 0,69X. Dari hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan bahan masukan mahasiswa, tenaga pendidik, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan FITK UIN Walisongo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Shalat berjamaah; Kedisiplinan siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Shodiq, M. Ag.; Lutfiyah, S. Ag., M.S.I.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 23 Nov 2016 09:26
Last Modified: 23 Nov 2016 09:26
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6111

Actions (login required)

View Item View Item