Pengaruh intensitas mengikuti salat zuhur berjamaah di sekolah terhadap kedisiplinan salat fardu berjamaah dalam keseharian siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang tahun pelajaran 2015-2016

Handayani, Erni (2016) Pengaruh intensitas mengikuti salat zuhur berjamaah di sekolah terhadap kedisiplinan salat fardu berjamaah dalam keseharian siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang tahun pelajaran 2015-2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123111026.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana tingkat intensitas untuk mengikuti salat dhuhur berjamaah di sekolah siswa kelas kelasVII SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang Tahun Pelajaran 2015 / 2016, (2) Bagaimana tingkat kedisiplinan salat berjamaah dalam keseharian siswa kelas kelas VII SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang Tahun Pelajaran 2015 / 2016, (3) Seberapa besar pengaruh antara Intensitas Mengikuti Salat Dhuhur Berjamaah di Sekolah Terhadap Kedisiplinan Salat Fardlu Berjamaah dalam Keseharian Siswa kelasVII SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berbentuk kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket dan Dokumentasi, data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Intensitas mengikuti salat dzuhur berjamaah di sekolah siswa kelas kelas VII SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang Tahun Pelajaran 2015 / 2016 termasuk dalam kategori “baik” dengan nilai rata-rata yaitu = 67, 32. (2) Kedisiplinan salat fardu berjamaah dalam keseharian siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar 29 BSB Semarang tahun pelajaran 2015/2016 termasuk dalam kategori “baik” diperoleh nilai rata-rata yaitu = 63,38 (3) Pengaruh intensitas mengikuti salat dzuhur berjamaah di sekolah terhadap kedisiplinan salat fardu berjamaah dalam keseharian siswa kelas VII SMP Al-Azhar 29 BSB Semarang tahun pelajaran 2015/2016 diperoleh yaitu r^2 = 0,284 . Jadi, pengaruh variabel intensitas mengikuti salat dhuhur berjamaah di Sekolah terhadap kedisiplinan salat fardlu berjamaah dalam keseharian adalah 0,284 (0,284%) sisanya (100-28,4%) 71,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Selain itu diperoleh F_reg = 20,25 > F_t0,05 = 4, 036, Dan didapatkan persamaan regresi = 16,5 + 0,69X. Dari hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan bahan masukan mahasiswa, tenaga pendidik, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan FITK UIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Shalat berjamaah; Kedisiplinan siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Shodiq, M. Ag.; Lutfiyah, S. Ag., M.S.I.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 23 Nov 2016 09:26
Last Modified: 23 Nov 2016 09:26
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6111

Actions (login required)

View Item View Item