Studi komparasi antara kemampuan baca tulis Al-Qur’an peserta didik kelas III dengan menggunakan metode Yanbu’a di MI NU Raudlatut Tholibin Jepangpakis Jati Kudus dan metode Iqro’ di MI Muhammadiyah Al Tanbih Getas Pejaten Jati Kudus

Musofiyah, Durriyah (2016) Studi komparasi antara kemampuan baca tulis Al-Qur’an peserta didik kelas III dengan menggunakan metode Yanbu’a di MI NU Raudlatut Tholibin Jepangpakis Jati Kudus dan metode Iqro’ di MI Muhammadiyah Al Tanbih Getas Pejaten Jati Kudus. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123111034.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas kemampuan baca tulis Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Yanbu’a dan metode Iqro’. Kajiannya dilatarbelakangi oleh banyaknya anak-anak yang mampu membaca Al-Qur‟an tetapi pengetahuan ilmu tajwid mereka masih lemah. Begitu juga dengan kemampuan menulis yang belum sesuai dengan rasm ‘Uṡmaniy. Oleh karena itu, dengan penerapan metode Yanbu’a dan Iqro’ dalam pembelajaran Al-Qur‟an diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang ilmu tajwid maupun penerapan dalam membaca dan menulis Al-Qur‟an. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kemampuan baca tulis Al-Qur‟an peserta didik kelas III dengan menggunakan metode Yanbu’a di MI NU Raudlatut Tholibin Jepangpakis Jati Kudus? (2) Bagaimana kemampuan baca tulis Al-Qur‟an peserta didik kelas III dengan menggunakan metode Iqro’ di MI Muhammadiyah Al Tanbih Getas Pejaten Jati Kudus? (3) Bagaimana perbedaan antara kemampuan baca tulis Al-Qur‟an peserta didik kelas III dengan menggunakan metode Yanbu’a di MI NU Raudlatut Tholibin Jepangpakis Jati Kudus dan metode Iqro’ di MI Muhammadiyah Al Tanbih Getas Pejaten Jati Kudus? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di MI NU Raudlatut Tholibin Jepangpakis Jati Kudus dan MI Muhammadiyah Al Tanbih Getas Pejaten Jati Kudus. Populasi yang diambil adalah kelas III, dengan sampel di MI NU Raudlatut Tholibin sebanyak 40 responden sebagai kelompok I dan MI Muhammadiyah Al Tanbih sebanyak 50 respoden sebagai kelompok II. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Sebelum memperoleh hasil penelitian, peneliti melakukan observasi ketika proses pembelajaran antara guru dan peserta didik. Kemudian peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode yang berbeda untuk kedua kelompok. Kelompok I menggunakan metode Yanbu’a, sedangkan kelompok II menggunakan metode Iqro’. Setelah data didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan t-test. Berdasarkan perhitungan t-test dihasilkan thitung sebesar 1,8099 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,99 dan taraf signifikansi 1% sebesar 2,63. Sehingga baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5%, thitung < ttabel. Jadi H0 diterima dan Ha ditolak, artinya tidak terdapat perbedaan kemampuan baca tulis Al-Qur‟an dengan menggunakan metode Yanbu’a di MI NU Raudlatut Tholibin Jepangpakis Jati dan metode Iqro’ di MI Muhammadiyah Al Tanbih Getas Pejaten Jati Kudus.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Baca tulis al-Qur'an; Metode pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Karnadi, M. Pd.; Hj. Nur Asiyah, M.S.I.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 23 Nov 2016 09:33
Last Modified: 23 Nov 2016 09:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6114

Actions (login required)

View Item View Item