Pelaksanaan variasi metode dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Gubug tahun 2015/2016

Wulandari, Arni Janu (2016) Pelaksanaan variasi metode dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Gubug tahun 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123111058.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Pelaksanaan Variasi Metode Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Gubug. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran hendaknya terdapat komunikasi dua arah yang baik antara guru dan siswa, yang menekankan keaktifan siswa dalam prosesnya. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan tidak monoton. Penggunaan metode yang variatif dan sesuai tentunya juga akan mendorong keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan. Dalam kenyataannya masih ada guru yang mengabaikan hal ini, utamanya berkenaan tentang penggunaan metode dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu diadakannya penelitian mengenai kemampuan guru Aqidah Akhlak dalam mengadakan variasi metode pembelajaran di MAN Gubug. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah apa saja metode pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, bagaimana pelaksanaan variasi metode pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dan kendala dari pelaksanaan variasi metode pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitain ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis mengenai pelaksanaan variasi metode yang digunakan guru Aqidah Akhlak di MAN Gubug dalam menyelenggarakan pembelajaran di MAN Gubug. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai tolak ukur bagi madrasah dan guru dalam melihat sejauh mana pelaksanaan dan keberhasilan pelaksanaan variasi metode pembelajaran yang diselenggarakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yakni memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya : perilaku, persepsi, motivasi dan tindakan.Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Dalam pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN Gubug guru sudah menggunakan macam-macam variasi metode pembelajaran 2) Dalam pelaksanaannya sudah berjalan sesuai tujuan akan tetapi masih ada beberapa kekurangan yang disebabkan terbatasnya kemaapuan guru dalam melakukan variasi metode 3) kendala dari pelaksanaan variasi metode pembelajaran yang digunakan di MAN Gubug hampir semuanya sama yaitu kendala yang berasal dari guru, siswa dan lingkungan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Aqidah-akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Lift Anis Mahsumah, M. Ag.; Drs. H. Jasuri, M.S.I.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 23 Nov 2016 09:37
Last Modified: 23 Nov 2016 09:37
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6117

Actions (login required)

View Item View Item