Pengaruh pemahaman materi pendidikan agama Islam terhadap pengamalan agama peserta didik kelas VIII B dan VIII C SMP Negeri 01 Limpung Batang tahun ajaran 2015/2016

Arofah, Arofah (2016) Pengaruh pemahaman materi pendidikan agama Islam terhadap pengamalan agama peserta didik kelas VIII B dan VIII C SMP Negeri 01 Limpung Batang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh pemahaman materi Pendidikan Agama Islam terhadap pengamalan agama peserta didik kelas VIII B dan VIII C SMP Negeri 01 Limpung Batang tahun ajaran 2015/2016. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pengamalan agama peserta didik di SMP Negeri Limpung Batang yang dipengaruhi oleh pemahaman materi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Adakah pengaruh pemahaman materi Pendidikan Agama Islam terhadapa pengamalan agama peserta didik kelas VIII B dan VIII C SMP Negeri 01 Limpung Batang tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik populatif, yaitu pengambilan sampel dari peserta didik kelas VIII B dan VIII C, sehingga populasi dalam penelitian ini sebanyak 65 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk mendapatkan data yang bersifat dokumentatif, seperti dokumen tentang profil sekolah, dan lain-lain, selain itu pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk menjaring data X dan Y. Instrumen angket sebelum digunakan untuk mendapat data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Hasil dari analisis pengaruh variabel pemahaman materi Pendidikan Agama Islam (X) dan variabel pengamalan agama (Y) diketahui dari perhitungan statistik analisis regresi dengan persamaan regresi Y ̂ = 125,838 + 0,211X dimana dimana tidak terdapat pengaruh positif antara pemahaman materi Pendidikan Agama Islam (X) terhadap pengamalan agama (Y) kelas VIII B dan VIII C SMP N 01 Limpung Batang. Hal ini ditunjukkan oleh hasil perhitungan F_reg = 2,870 < F_tabel 5% = 4,00 sehingga dengan F_reg < F_(tabel )5% berarti tidak signifikan. Dengan demikian dapat diketahu bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman materi Pendidikan Agama Islam terhadap pengamalan agama peserta didik kelas VIII B dan VIII C SMP Negeri 01 Limpung Batang. Adapun sumbangan yang diberikan oleh variabel X terhadap Y adalah sebesar 0,044/4,4%. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para peserta didik dan para guru SMP Negeri 01 Limpung Batang terutama dalam mengingatkan pengamalan agama peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama Islam; Pengamalan keagamaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Ruswan, MA.; Drs. H. Agus Sholeh, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 23 Nov 2016 09:38
Last Modified: 23 Nov 2016 09:38
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6118

Actions (login required)

View Item View Item