Nilai-nilai pendidikan Islam humanistik dalam tasawuf (studi terhadap pemikiran tasawuf Prof. Dr. H. M. Amin Syukur, MA)

Insanjani, Insanjani (2016) Nilai-nilai pendidikan Islam humanistik dalam tasawuf (studi terhadap pemikiran tasawuf Prof. Dr. H. M. Amin Syukur, MA). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelangi oleh tuntutan terhadap pendidikan yang di era sekarang ini harus mampu membentuk manusia yang kondisional atau siap terhadap segala perubahan. Pendidikan Islam humanistik dianggap sebagai model pendidikan yang paling tepat dalam hal ini, karena pendidikan ini berupaya membentuk manusia sebagai ‘abdullah sekaligus sebagai khalifatullah di bumi. Pendidikan ini tidak saja bermaksud membentuk manusia yang kondisional, tetapi juga membentuk manusia yang dapat menjalankan tugas dan fungsinya di bumi dengan baik. Akan tetapi realitasnya, pendidikan ini belum sepenuhnya dapat terlaksana dengan sempurna. Dengan alasan tersebut, maka diperlukan dukungan atau bahkan alternatif lain. Dan tasawuflah yang dipandang paling cocok dalam hal ini. Tasawuf di sini tentu tasawuf yang memandang positif terhadap dunia, sebagaimana yang dikembangkan oleh Amin Syukur. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pemikiran tasawuf Amin Syukur? (2) Apa saja nilai-nilai pendidikan Islam humanistik yang terkandung dalam tasawuf? (3) Seperti apa nilai-nilai pendidikan Islam humanistik yang dikembangkan oleh Amin Syukur? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemikiran tasawuf Amin Syukur dan menggali nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam pemikiran tasawuf Amin Syukur. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis. Sedangkan data-datanya diperoleh dengan teknik dokumentasi dan wawancara. Data-data tersebut diperoleh dari karya-karya tokoh yang diteliti dan buku-buku pendidikan Islam serta buku-buku yang terkait. Kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis isi. Penelitian ini menunjukan bahwa tasawuf memang memunyai potensi yang cukup besar dalam rangka mendidik manusia (peserta didik) di era sekarang ini. Tasawuf berupaya memberikan bekal sekaligus tameng bagi peserta didik agar dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan kemajuan ini tidak terombang-ombing oleh derasnya ombak industrialisme, rasionalisme, materialisme, dan lain sebagainya. Untuk tujuan tersebut, dalam pengamalannya tasawuf berupaya mengaktualisasikan nilai-nilai sebagaimana yang dilakukan dalam pendidikan Islam. Dengan kata lain, dengan mengamalkan tasawuf, maka seseorang sebenarnya juga telah melakukan upaya pendidikan. Di antara nilai-nilai yang diaktualisasikan dalam tasawuf yang dikembangkan oleh Amin Syukur, yaitu nilai keimanan (tauhid), ketakwaan (ibadah), dan akhlak mulia. Dengan bekal ini, peserta didik diharapkan dapat beradaptasi dengan baik dalam kehidupan di era yang penuh dengan kemajuan sekarang ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam rangka pengembangan khasanah ilmu pendidikan Islam, khususnya di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mendorong dunia pendidikan Islam untuk membuka diri dan memberi kesempatan bagi tasawuf untuk ikut andil bersama dalam rangka membentuk manusia sebagai makhluk individu sekaligus sosial, sebagai ‘abdullah sekaligus sebagai khalifatullah di bumi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Humanistik; Tasawuf
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: H. Nur Khoiri, M. Ag.; Agus Khunaifi, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Nov 2016 07:29
Last Modified: 24 Nov 2016 07:29
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6124

Actions (login required)

View Item View Item