Hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan minat belajar bahasa Arab siswa kelas IV dan V SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang tahun ajaran 2015/2016

Ima, Ma’rifatul (2016) Hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan minat belajar bahasa Arab siswa kelas IV dan V SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (961kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (14MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pengaruh kemampuan membaca al-Qur’an dengan minat belajar bahasa Arab siswa di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan membaca al-Qur’an siswa terhadap minat belajar bahasa Arab peserta didik SDIT Cahaya Bangsa khususnya kelas IV dan V. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana tingkat kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an di SD Islam Terpadu Cahaya Bangsa Mijen Semarang Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana minat siswa dalam belajar bahasa Arab di SD Islam Terpadu Mijen Cahaya Bangsa Semarang Tahun Ajaran 2015/2016? (3) Adakah hubungan antara Kemampuan membaca al-Qur’an dengan minat belajar bahasa Arab di SD Islam Terpadu Cahaya Bangsa Mijen Semarang Tahun Ajaran 2015/2016?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik regresi. Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampel atau random sampling dengan subyek penelitian 36 responden dari jumlah keseluruhan 143 siswa. Adapun teknik yang dipakai dalam pengumpulan data adalah menggunakan tes, angket wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik regresi. Kajian ini menunjukkan bahwa : (1) kemampuan membaca al-Qur’an kemampuan membaca al-Qur’an tergolong baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata (mean) kemampuan membaca al-Qur’an sebesar 20,5. Maka dari itu terletak pada interval >18 yang dikategorikan sangat baik dan memperoleh prosentase sebesar 36,11 % dari jumlah responden. (2) data mengenai minat belajar bahasa Arab tergolong baik juga. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata 46,83, maka nilai itu terletak pada interval 45-50 yang dikategorikan baik dan memperoleh prosentase sebesar 38,89 % dari jumlah responden. (3) Hal ini ditunjukkan oleh persamaan garis regresinya yaitu Y = 32,96 + 0,840 X. Sehingga setelah diadakan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi diketahui adanya pengaruh positif dari kemampuan membaca al-Qur’an terhadap minat belajar bahasa Arab siswa di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Dengan demikian nilai F_hitung baik pada taraf signifikansi 0,01 maupun 0,05 lebih besar dari nilai Ftabel, maka hipotesis yang penulis ajukan diterima. Ini berarti terdapat pengaruh positif antara kemampuan membaca al-Qur’an terhadap minat belajar bahasa Arab siswa di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Dengan demikian hipotesisnya ada hubungan yang positif antara kemampuan membaca al-Qur’an terhadap minat belajar bahasa Arabsiswa di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang Tahun Ajaran 2015/2016 sehingga hipotesis yang peneliti ajukan diterima. Dan hasil determinan koefisien determinasinya 0,218 yang menggambarkan bahwa penelitian ini kemampuan membaca al-Qur’an mempunyai sumbangann sebesar 21,8% terhadap minat belajar bahasa Arab siswa SDIT Cahaya Bangsa Mijen Tahun Ajaran 2015/2016. Sisanya 78,2 % ditentukan oleh faktor-faktor lain yaitu suasana kelas, materi yang dipelajari, sarana dan prasarana, latar belakaang, serta lingkungan intern maupun ekstern.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Membaca al-Qur'an; Minat belajar; Bahasa Arab
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ahwan Fanani, M. Ag.; H. Lutfiyah, M.S.I.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 25 Nov 2016 08:23
Last Modified: 25 Nov 2016 08:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6127

Actions (login required)

View Item View Item