Meningkatkan hasil belajar membaca Al-Qur’an surah Al-Ma’un dan Al-Fil melalui pendekatan kooperatif think pair share pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 07 Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Zubaidah, Zubaidah (2016) Meningkatkan hasil belajar membaca Al-Qur’an surah Al-Ma’un dan Al-Fil melalui pendekatan kooperatif think pair share pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 07 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123111638.pdf - Accepted Version

Download (16MB) | Preview

Abstract

Mengajarkan membaca Al-Qur’an, haruslah dengan cara-cara yang menyenangkan. perlu ditemukan cara terbaik untuk menyampaikan konsep hukum bacaan nun sukun / tanwin dan hukum mim sukun sehingga siswa termotivasi mengikuti pembelajaran yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar. Oleh sebab itu proses pembelajaran harus didasarkan pada prinsip efektif, dengan demikian tujuan pembelajaran dapat dicapai secara tepat. Salah satu masalah yang dihadapi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah 07 Semarang, rendahnya hasil belajar membaca Al-Qur’an surah pendek pilihan siswa kelas V SD Muhammadiyah 07 pada semerter I tahun pelajaran 2015/2016. Rumusan masalah yang muncul adalah (1) Apakah melalui pendekatan kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pelajaran membaca Al Qur’an surah Al Ma’un dan Al Fi>l?, (2) Apakah melalui pendekatan kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran membaca Al Qur’an surah Al Ma’un dan Al Fi>l?. Tujuan penelitian ini untuk (1) meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran membaca Al Qur’an surah Al Ma’un dan Al Fi>l (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran membaca Al Qur’an surah Al Ma’un dan Al Fi>l, melalui pendekatan kooperatif Think Pair Share (TPS). Pemecahan masalah yang Peneliti pilih adalah menggunakan pembelajaran melalui pendekatan kooperatif Think Pair Share (TPS) yaitu pembelajaran yang meningkatkan penguasaan akademik, mengajarkan ketrampilan sosial dan membantu siswa dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, serta meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami konsep-konsep yang sulit. Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah 07 Semarang, dengan subyek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 7 siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, demontrasi dan tes tertulis. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan kooperatif Think Pair Share dapat (1) meningkatkan aktivitas siswa pada pelajaran membaca Al Qur’an surah Al Ma’un dan Al Fi>l, siklus I adalah 57,3%, dan pada siklus II adalah 82,7% (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran membaca Al Qur’an surah Al Ma’un dan Al Fi>l siklus I skor rata-rata 76.2 dengan ketuntasan belajar 57,4%, pada siklus II skor rata-rata 84.1 dengan ketuntasan belajar mencapai 85,7%, dengan KKM yang ditentukan 76. Simpulan yang dihasilkan adalah dengan pendekatan kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran membaca Al Qur’an surah Al Ma’un dan Al Fi>l di kelas V SD Muhammadiyah 07. Dengan demikian pembelajaran dengan pendekatan kooperatif Think Pair Share bisa digunakan dalam strategi menyampaikan materi ajar yang sesuai, sehingga setiap siswa bisa mengembangkan diri masing-masing secara maksimal, yaitu mengembangkan kemampuan berpikir secara independen, dan bertanggung jawab Saran bagi guru, sebaiknya mengembangkan pembelajaran dengan pendekatan kooperatif Thing Pair Share agar lebih memacu siswa dalam pembelajaran sehingga hasil belajar dapat meningkat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Membaca Al-Qur'an; Metode pembelajaran; Metode kooperatif; Think Pair Share
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Agus Sutiyono, M. Ag., M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Nov 2016 10:51
Last Modified: 29 Nov 2016 10:51
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6146

Actions (login required)

View Item View Item