Hubungan antara Persepsi Peserta Didik tentang Etos Kerja Guru dengan Motivasi Belajar Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs Sultan Agung Ngawen Tahun Pelajaran 2011/2012

Nur Hidayah, Siti (2012) Hubungan antara Persepsi Peserta Didik tentang Etos Kerja Guru dengan Motivasi Belajar Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs Sultan Agung Ngawen Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111111_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111111_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111111_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111111_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111111_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111111_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111111_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Motivasi merupakan suatu kekuatan yang dapat mendorong peserta didik untuk belajar. Agar dapat melayani kebutuhan peserta didik dalam belajar,guru harus mampu membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana persepsi peserta didik tentang Etos Kerja guru di MTs Sultan Agung Ngawen?; 2) Bagaimana motivasi belajar Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs Sultan Agung Ngawen?; 3) Sejauhmana hubungan antara Persepsi Peserta Didik Tentang Etos Kerja Guru dengan Motivasi Belajar Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs Sultan Agung Ngawen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif lapangan dengan menggunakan teknik sampling yaitu kuota sampling dengan teknik analisis product moment. Sampel dalam penelitian ini diambil 20% dari jumlah populasi yaitu 153 peserta didik, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk menjaring data persepsi peserta didik tentang etos kerja guru dengan motivasi belajar dan dokumentasi untuk mengetahui jumlah peserta didik kelas VIII. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik inferensial, pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, persepsi peserta didik tentang Etos Kerja Guru Aqidah Akhlak menunjukkan perolehan rata-rata (mean) sebesar 42,19 pada interval 40-42 ini berarti persepsi peserta didik tentang etos kerja guru Aqidah Akhlak di MTs Sultan Agung Ngawen tahun pelajaran 2011/ 2012 memiliki kategori “Sedang”. Motivasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik menunjukkan perolehan rata-rata sebesar 34,16 pada interval 34-36, ini berarti motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTs Sultan Agung Ngawen tahun pelajaran 2011/ 2012 memiliki kategori “Sedang”. Setelah diketahui dari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan dimana terdapat hubungan yang positif antara persepsi peserta didik tentang etos kerja guru Aqidah Akhlak dengan motivasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas VIII di MTs Sultan Agung Ngawen tahun pelajaran 2011/ 2012. Hal ini terbukti bahwa pada taraf signifikan 5% = 0,355 dan 1% = 0,456. Karena rxy= 0,7059 > 0,355 (5%) dan 1% = 0,456 , maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan antara persepsi peserta didik tentang etos kerja guru dengan motivasi belajar Aqidah Akhlak adalah signifikan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi peserta didik tentang etos kerja guru Aqidah Akhlak dengan motivasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas VIII di MTs Sultan Agung Ngawen tahun pelajaran 2011/ 2012.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etos Kerja Guru; Motivasi Belajar; Aqidah Akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 06 Dec 2013 02:36
Last Modified: 06 Dec 2013 02:36
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item View Item