Nikmah, Umi Mahfiratun (2016) Upaya peningkatan hasil belajar peserta didik melalui metode two stay two stray dan picture and picture mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya kelas V di MI Miftahus Sibyan Tugu Kota Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
|
Text
COVER.pdf - Accepted Version Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf - Accepted Version Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf - Accepted Version Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf - Accepted Version Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf - Accepted Version Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material Download (1MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penerapan metode two stay two stray dan picture and picture¬ yang dilatarbelakangi oleh pendidik masih kurang mengetahui metode-metode dalam pembelajaran dan media yang digunakan kurang menarik perhatian peserta didik yang membuat peserta didik bosan dan hasil belajar mereka rendah. Di MI Miftahus Sibyan ini peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana penerapan metode two stay two stray dan picture and picture mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannnya? (2) Apakah melalui metode two stay two stray dan picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya kelas V di MI Miftahus Sibyan Tugu Kota Semarang? Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode two stay two stray dan picture and picture terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V materi penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya dengan hasil observasi yang dilakukan pada saat pra siklus dengan rata-rata 54,5, pada siklus 1 dengan rata-rata 81,4, dan pada siklus 2 dengan rata-rata 90,8. Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik ini mencapai ketuntasan maksimal mulai dari pra siklus yaitu hanya 3 anak dengan presentase 19%, siklus 1 yaitu 11 anak yang tuntas dengan presentase 69 % dan siklus 2 yaitu 15 anak yang tuntas dengan presentase 94%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Hasil belajar; Sains untuk pendidikan dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Additional Information: | Pembimbing : Hj. Malikhatul Hidayah, S.T., M. Pd. |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 09 Dec 2016 03:09 |
Last Modified: | 09 Dec 2016 03:09 |
URI: | http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |