Upaya peningkatan hasil belajar peserta didik melalui metode two stay two stray dan picture and picture mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya kelas V di MI Miftahus Sibyan Tugu Kota Semarang tahun ajaran 2015/2016

Nikmah, Umi Mahfiratun (2016) Upaya peningkatan hasil belajar peserta didik melalui metode two stay two stray dan picture and picture mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya kelas V di MI Miftahus Sibyan Tugu Kota Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan metode two stay two stray dan picture and picture¬ yang dilatarbelakangi oleh pendidik masih kurang mengetahui metode-metode dalam pembelajaran dan media yang digunakan kurang menarik perhatian peserta didik yang membuat peserta didik bosan dan hasil belajar mereka rendah. Di MI Miftahus Sibyan ini peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana penerapan metode two stay two stray dan picture and picture mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannnya? (2) Apakah melalui metode two stay two stray dan picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya kelas V di MI Miftahus Sibyan Tugu Kota Semarang? Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode two stay two stray dan picture and picture terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V materi penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya dengan hasil observasi yang dilakukan pada saat pra siklus dengan rata-rata 54,5, pada siklus 1 dengan rata-rata 81,4, dan pada siklus 2 dengan rata-rata 90,8. Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik ini mencapai ketuntasan maksimal mulai dari pra siklus yaitu hanya 3 anak dengan presentase 19%, siklus 1 yaitu 11 anak yang tuntas dengan presentase 69 % dan siklus 2 yaitu 15 anak yang tuntas dengan presentase 94%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Sains untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Hj. Malikhatul Hidayah, S.T., M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 09 Dec 2016 03:09
Last Modified: 09 Dec 2016 03:09
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6184

Actions (login required)

View Item View Item