Penanaman karakter religius dalam pendidikan kepramukaan di MI Ma’arif Banyukuning Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang tahun ajaran 2015/2016

Fatmawati, Kurnia (2016) Penanaman karakter religius dalam pendidikan kepramukaan di MI Ma’arif Banyukuning Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123911057.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan kepramukaan di MI Ma’arif Banyukuning, penanaman karakter religius dalam kegiatan kepramukaan di MI Ma’arif Banyukuning, dan faktor-faktor religius dalam pendidikan kepramukaam di MI Ma’arif Banyukuning.Penelitian ini adalah “penelitian lapangan” (FieldResearch), yaitu penelitian yang langsung dilakukan atau pada responden oleh karena itu obyek penelitiannya adalah berupa obyek di lapangan yang sekiranya mampu memberikan informasi tentang kajian penelitian. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di MI Ma’arif Banyukuning:Jl. Kalipawon Km 01 Krajan Banyukuning Kec. Bandungan Kab. Semarang. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sumber data dari kepala sekolah, guru kelas 3,4 dan 5 dan Pembina pramuka di MI Ma’arif Banyukuning; Sumberdata yang diperoleh peneliti berpusat di lingkungan MI Ma’arif Banyukuning; dan Dokumen dalam penelitian ini berupa arsip ataupun data base program kerja jangka pendek dan jangka panjang pramuka MI Ma’arif Banyukuning, dokumentasi rekaman gambar ataupun arsip profil sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian kali ini peneliti fokus terhadap uji kredibilitas data dengan menggunakan “Triangulasi Tehnik”. Hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru dan Pembina pramuka dicek dengan melihat secara langsung dokumen-dokumen sekolah dan praktik kegiatan kepramukaan mingguan. Dalam analisis data ini peneliti menganalisis dan menafsirkan suatu fakta yang didapat dalam penelitian serta peristiwa yang terjadi dilapangan. Data yang telah terkumpul dengan metode tersebut kemudian dianalisis dengan langkah-langkah menelaah seluruh data, menyusun data, mengadakan pemeriksaan keabsahan data, dan mengambil kesimpulan. Pendidikan kepramukaan di MI Ma’arif Banyukuning, merupakan bentuk kegiatan penanaman karakter religius, melalui kegiatan pendidikan kepramukaan yang menanamkan nilai-nilai islami mulai dari hal-hal kecil seperti: berdo’a sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan kepramukaan, kegiatan mencium kepada guru atau orang yang lebih tua (Pembina), kegiatan bertukar salam dengan pembina atau sesama anggota, kegiatan sholat dzuhur berjama’ah saat kegiatan pramukamingguan, Menjaga kebersihan lingkungan atau tempat latihan, dan Mensyukuri Kesehatan Diri. Hal inidilaksanakanuntuk membentengi peserta didik dalam menjalani kehidupan setelah menamatkan pendidikan sekolah dasar sehingga nantiya peserta didik yang keluar dari lingkup sekolah dasar mampu memiliki ahklak islami (karakter religius) yang baik serta militan. Hasil wawancara, observasi dan dokumentasi di MI Ma’arif Banyukuning menunjukkan bahwa dengan melaksanakan kegiatan pendidikan kepramukaan dapat dijadikan sarana penanaman karakter bagi peserta didik khusunya dalam karakter keagamaan (religius). oleh karenanya; kegiatan ini sangat membantu dalammenanamkankarakter religius yang baik dan meningkatkan karakter religius di MI Ma’arif Banyukuning khususnya dan sekolah atau madrasah yang lain pada umumnya. Setelah selesainya skripsi ini, diharapkan sekolah yang menerapkan kegiatan pendidikan kepramukaan sebagai wadah atau sarana penanaman karakter religius hendaknya selalu mengamati tingkah laku peserta didik yang ada di sekolah tersebut. Kepala sekolah hendaknya memahami pentingnya penanaman karakter religius dalam pendidikan kepramukaa di MI Ma’arif Banyukuning.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : DR. Hj. Lift Anis Ma’sumah, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Karakter religius; Pramuka
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 360 Social services; association > 369 Miscellaneous kinds of associations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 13 Dec 2016 05:09
Last Modified: 13 Dec 2016 05:09
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6198

Actions (login required)

View Item View Item