Efektivitas penggunaan model pembelajaran team quis dan STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi peristiwa Fathu Makkah kelas V MI Al-Fattah Dukutalit Juwana Pati

Ni’mah, Nur Khanifatun (2016) Efektivitas penggunaan model pembelajaran team quis dan STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi peristiwa Fathu Makkah kelas V MI Al-Fattah Dukutalit Juwana Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Team Quiz dan STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) materi Peristiwa Fathu Makkah kelas V MI Al-Fattah Dukutalit Juwana Pati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini yaitu true experimental design (eksperimen betul-betul) jenis “posttest only control design” pengujian hipotesis hanya menggunakan nilai post tes. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas V A merupakan kelas eksperimen dan kelas VB merupakan kelas kontrol. Kelas VA terdiri dari 32 siswa dan kelas VB terdiri dari 30 siswa. Dalam penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah seluruh populasi. Tehnik pengumpulan data dengan metode dokumentasi untuk memperoleh daftar nama peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, kelas uji coba yakni kelas VI dan nilai hasil ulangan tengah semester. Selain itu juga menggunakan metode tes yaitu untuk memperoleh data nilai post test hasil pembelajaran yang diterapkan model pembelajaran Team Quiz dan STAD (Student Team Achievement Division) juga untuk kelas yang menggunakan konvensional (ceramah). Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu tes di uji validitas, reliabilitas ,tingkat kesukaran, dan daya beda kelas uji coba. Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji -t, terlebih dahulu tes tersebut di uji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas. Pada pengujian hipotesis peneliti menggunakan uji -t. Berdasarkan uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung= 3,966, sedangkan t tabel=2,00 . karena t hitung> t tabel maka rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran team quiz dan STAD (Student Team Achievement Division) lebih baik dari pada hasil belajar siswa dalam pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh dari rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen=79,84 dan kelas kontrol= 69,00 juga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang menggunakan team quiz dan STAD (Student Team Achievement Division) efektif terhadap hasil belajar sejarah kebudayaan islam kelas V materi Peristiwa Fathu Makkah. Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi ataupun masukan bagi pendidik maupun calon pendidik bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran team quiz dan STAD (Student Team Achievement Division) lebih baik dari pada pembelajaran konvensional (ceramah).

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Student Team Achievement Division (STAD); Team quiz; Hasil belajar; Sejarah dan kebudayaan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Dra. Ani Hidayati, M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 13 Dec 2016 05:19
Last Modified: 13 Dec 2016 05:19
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6201

Actions (login required)

View Item View Item