Keefektifan model penemuan terbimbing (guided discovery) dengan scientific approach dalam pembelajaran IPA materi gaya dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IV MI NU 05 Taman Gede Kecamatan Gemuh tahun pelajaran 2015/2016

Cholifah, Pandini Isma (2016) Keefektifan model penemuan terbimbing (guided discovery) dengan scientific approach dalam pembelajaran IPA materi gaya dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IV MI NU 05 Taman Gede Kecamatan Gemuh tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_123911087_Pandini_Isma_Cholifah]
Preview
Text (Skripsi_123911087_Pandini_Isma_Cholifah)
123911087.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada kelas IV di MI NU 05 Taman Gede menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan metode konvensional, yakni pembelajaran dengan metode ceramah. Sehingga peserta didik merasa bosan dan kurang memahami manfaat apa yang diperoleh dari mempelajari pengetahuan alam. Dari latar belakang di atas, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Keefektifan model penemuan terbimbing (guided discovery) dengan scientific approach dalam pembelajaran ipa materi gaya dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IV MI NU 05 Taman Gede kecamatan gemuh tahun pelajaran 2015/2016” Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan model penemuan terbimbing (guided discovery) dengan scientific approach dalam pembelajaran IPA materi gaya dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IV MI NU 05 Taman Gede Kecamatan Gemuh Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran kelas eksperimen diberi pelakuan dengan model penemuan terbimbing (guided discovery) dengan scientific approach, dan pembelajaran kelas kontrol dengan metode ceramah.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata di kelas eksperimen dan di kelas kontrol dengan uji t. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar materi gaya pada kelas eksperimen adalah 80,18, sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 67,60. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t diperoleh thitung = 4,41, sedangkan ttabel = 2,03. Karena thitung> ttabel maka perbedaan rata-rata tersebut signifikan. Hal ini juga ditunjukkan dengan hasil uji gain kelas kontrol diperoleh gain 0,01, sedangkan kelas eksperimen diperoleh gain 0,50, sehingga dapat disimpulkan bahwa model penemuan terbimbing (guided discovery) dengan scientific approach dalam pembelajaran IPA materi pokok gaya efektif untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IV MI NU 05 Taman Gede.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Guide discovery; Prestasi belajar; Sains untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 13 Dec 2016 05:22
Last Modified: 12 Jun 2021 05:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6203

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics