Efektivitas metode pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar IPA materi Gaya kelas IV MI NU 39 Kertosari Singorojo Kendal tahun pelajaran 2015/2016

Mustikaningrum, Ragil Sari (2016) Efektivitas metode pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar IPA materi Gaya kelas IV MI NU 39 Kertosari Singorojo Kendal tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas metode pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya kelas IV MI NU 39 Kertosari Singorojo Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016. Kajiannya dilatarbelakangi oleh metode pembalajaran yang diterapkan di kelas kurang bervariasi, sehingga siswa merasa jenuh, hasil belajar kurang optimal, dan belum sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya kelas IV MI NU 39 Kertosari Singorojo Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI NU 39 Kertosari Singorojo Kendal. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah true eksperimental design (eksperimen betul – betul) dengan jenis pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pegumpulan data dilakukan dengan wawancara, tes, dan dokumentasi. Kedua kelas diberi tes awal pretest untuk mengetahui keadaan awal sebelum diberikan perlakuan. Kedua kelas tersebut kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan metode Group Investigation (GI) dan kelas kontrol menggunakan ceramah dan diskusi. Proses pembelajaran selesai, kemudian kedua kelas diberi posttest yang sama.Data hasil penelitian yang terkumpul, diananlisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji . Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen metode Group Investigation (GI) adalah 72,50 dan kelompok kontrol 60,71. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh t Hitung = 4,771 dan t tabel = 2,01. Uji menunjukan bahawa pada penelitian ini , maka, penerapan metode Group Investigation (GI) efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi gaya kelas IV MI NU 39 Kertosari Singorojo Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Group investigation; Hasil belajar; Sains untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Siti Mukhlishoh Setyawati, M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 15 Dec 2016 00:11
Last Modified: 15 Dec 2016 00:11
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6205

Actions (login required)

View Item View Item