Problematika penanaman kedisiplinan siswa MI Nurussibyan Tawangharjo Grobogan tahun ajaran 2015/2016

Rahmawati, Sintia Ayu (2016) Problematika penanaman kedisiplinan siswa MI Nurussibyan Tawangharjo Grobogan tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa MI Nurussibyan dan problematika penanaman kedisiplinan siswa yang muncul serta faktor yang mempengaruhi. Adapun rumusan masalah: (1) Bagaimana problematika penanaman kedisiplinan siswa MI Nurussibyan Tawangharjo Grobogan (2) Bagaimana cara meningkatkan kedisiplinan siswa MI Nurussibyan Tawangharjo Grobogan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh ada dua; (1) sumber primer: kepala sekolah, guru MI Nurussibyan, dan siswa kelas4-6 MI Nurussibyan; (2) sumber sekunder: arsip sekolah, absen kelas 4-6.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika penanaman kedisiplinan muncul, hal ini dengan adanya faktor intern siswa, sekolah, guru, masyarakat, dan lingkungan. Cara meningkatkan kedisiplinan siswa untuk sekolah, guru, keluarga, dan masyarakat
Sebagai wadah pendidikan bagi anak, maka MI Nurussibyan memberikan solusi untuk mengatasi hal tersebut, dengan cara metode pembiasaan, kasih sayang, motivasi, bimbingan, sanksi yang berupa fisik dan non fisik, pemberian imbalan, serta kerjasama dengan orang tua/wali murid dan masyarakat.
Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi bagi lembaga pendidikan khususnya MI Nurussibyan, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 15 Dec 2016 00:14
Last Modified: 04 Dec 2021 02:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6208

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics