Peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi puasa Ramadhan melalui metode talking stick pada siswa kelas III MI Salafiyah Beji Tulis Batang tahun pelajaran 2015/2016

M. Syaefudin, M. Syaefudin (2016) Peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi puasa Ramadhan melalui metode talking stick pada siswa kelas III MI Salafiyah Beji Tulis Batang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (216kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas bagaimana upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran fiqih pada kelas IV MI Salafiyah Beji Kecamatan Tulis Kabupaten Batang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya keaktifan belajar siswa dan hasil belajar yang rendah. Dalam penelitian ini ditawarkan penggunaan metode talking stick dalam pembelajaran fiqih materi pokok puasa Ramadhan. Rumusan permasalahan yang dimunculkan dalam penelitian ini yaitu, 1) Apakah metode talking stick dapat meningkatkan keaktifan belajar Fiqih pada materi zakat pada kelas IV MI Salafiyah Beji Kecamatan Tulis Kabupaten Batang tahun pelajaran 2015/2016? 2) Apakah metode talking stick dapat meningkatkan hasil belajar zakat pada kelas IV MI Salafiyah Beji Kecamatan Tulis Kabupaten Batang tahun pelajaran 2015/2016? Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Metode pengumpulan data memakai teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) talking stick dalam pembelajaran mata pelajaran fiqih dapat meningkatkan keaktifan siswa pada materi zakat pada kelas IV MI Salafiyah Beji Kecamatan Tulis Kabupaten Batang tahun pelajaran 2015/2016. Pada tahapan pra siklus rata-rata keaktifan yaitu, 57,06% dan pada siklus I ditemukan nilai rata-rata keaktifan siswa yaitu 63.47%. Pada siklus II yaitu meningkat menjadi 87.81%. 2) Metode talking stick dalam pembelajaran mata pelajaran fiqih juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV MI Salafiyah Beji Kecamatan Tulis Kabupaten Batang tahun pelajaran 2015/2016. Berikut adalah data tentang hasil belajar. Pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 10 anak, pada siklus I bertambah menjadi 21 siswa, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 26 siswa. KKM yang ditentukan yaitu 70. Dengan demikian penggunaan metode talking stick dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran fiqih dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Puasa Ramadhan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : H. Ridwan, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 19 Dec 2016 03:47
Last Modified: 19 Dec 2016 03:47
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6221

Actions (login required)

View Item View Item