Penerapan metode gallery walk dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqih materi ketentuan ibadah haji pada siswa kelas V MI Nurul Huda Gebugan Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Lathifah, Haniek (2016) Penerapan metode gallery walk dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqih materi ketentuan ibadah haji pada siswa kelas V MI Nurul Huda Gebugan Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (857kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peningkatan prestasi belajar mata pelajaran fiqih materi ketentuan ibadah haji kelas V MI Nurul Huda Gebugan Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Kajiannya dilatar belakangi oleh rendahnya hasil dan minat belajar siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab: apakah penerapan metode gallery walk dalam pembelajaran Fiqih materi ketentuan ibadah haji dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Nurul Huda Gebugan Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Permasalahan tersebut dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 3 (tiga) siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari planning (rencana) action (tindakan), pengamatan (pengamatan), dan reflektion (refleksi). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V MI Nurul Huda Gebugan, yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan metode gallery walk pada saat pembelajaran Fiqih. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan metode gallery walk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang tuntas belajar pada pra siklus sebanyak 13 siswa atau 61,90%, meningkat pada siklus I sebanyak 15 siswa atau 71,43%, meningkat lagi pada siklus II sebanyak 17 siswa atau 80,95%, dan terjadi peningkatan pada siklus III sebanyak 19 siswa atau 90,48%, peningkatan pada siklus III ini telah mencapai ketuntasan belajar klasikal yang dikehendaki yaitu 85%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Prestasi belajar; Fiqih
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Rosidi, M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 20 Dec 2016 04:46
Last Modified: 20 Dec 2016 04:46
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6227

Actions (login required)

View Item View Item