Peningkatan hasil belajar materi rukun wudhu dengan media kartu gambar siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Ngepreh Sayung Demak tahun pelajaran 2015/2016

Fatchiyyah, Lailatul (2016) Peningkatan hasil belajar materi rukun wudhu dengan media kartu gambar siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Ngepreh Sayung Demak tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123911214.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya penerapan media kartu gambar dalam rangka peningkatan hasil belajar materi rukun wudhu di MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kemampuan rukun wudhu di MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak yang masih rendah, karena proses pembelajarannya masih menggunakan metode tradisional. Penggunaan metode tradisional dalam pembelajaran materi rukun wudhu kurang tepat jika diterapkan pada jenjang MI dan sederajatnya. Hal ini dikarenakan dunia anak MI adalah masih dalam tahapan bermain, perhatian mereka tidak bisa bertahan lama dan anak tidak bisa dipaksa untuk duduk tenang dan hanya mendengarkan dan menirukan gurunya melafalkan huruf hijaiyah, hal ini membuat anak merasa bosan dan jenuh. Pertanyaan utama yang ingin dijawab dari penelitian ini adalah: 1) Apakah penggunaan media kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan rukun wudhu pada siswa kelas 1 MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak Tahun Pelajaran 2015/2016. Permasalahan tersebut dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan tes tertulis. Maka peneliti dan guru secara kolaboratif, sepakat menentukan Indikator keberhasilan dalam penelitian ini, yaitu 80 % anak dapat menuntaskan pembelajaran rukun wudhu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan media kartu gambar, kemampuan rukun wudhu di MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak mengalami peningkatan, hal ini dapat di lihat dari kenaikan nilai prestasi belajar anak, dimana pada pra siklus hanya 40 % anak yang dapat menuntaskan kompetensi pada pembelajaran rukun wudhu, dan meningkat pada siklus I menjadi 65%, Pada siklus II meningkat menjadi 90%. Penelitian ini dianggap berhasil, karena sudah memenuhi target minimal, yaitu ketuntasannya diatas 80 %. Permainan kartu gambar juga dapat menarik perhatian anak, sehingga anak aktif dalam pembelajaran rukun wudhu, hal ini terlihat pada hasil observasi keaktifan anak pada siklus I mencapai 70 % dengan kategori baik, dan pada siklus II keaktifan anak naik menjadi 92,5 % dengan kategori baik sekali. Berdasarkan uji coba pembelajaran kartu gambar di MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak, ternyata mereka menyambut dengan antusias permainan tersebut. Program ini sangat sesuai dengan dunia anak, yaitu dunia bermain. Mengacu pada temuan tersebut, maka peneliti merekomendasikan permainan kartu gambar dan ketrampilan membaca, mendengar, melihat, dan mempraktekkan rukun wudhu untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan Islami. Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Media pembelajaran; Hasil belajar; Fiqih
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : H. Mahfud Sidiq, Lc., MA.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 20 Dec 2016 04:49
Last Modified: 20 Dec 2016 04:49
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6229

Actions (login required)

View Item View Item