Peningkatan hasil belajar pelajaran Fiqih dalam melafalkan dzikir dan do’a setelah shalat fardhu melalui media audiovisual siswa kelas II di MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak tahun pelajaran 2015-2016

Farikhoh, Nur (2016) Peningkatan hasil belajar pelajaran Fiqih dalam melafalkan dzikir dan do’a setelah shalat fardhu melalui media audiovisual siswa kelas II di MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak tahun pelajaran 2015-2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123911223.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran awal di kelas II MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak menunjukkan bahwa dalam proses belajar mengajar pada materi pelajaran fiqih, guru kurang mengaktifkan siswa, selain itu hasil belajar siswa terhadap materi melafalkan dzikir dan do’a yang menuntut kemampuan berfikir masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh ketuntasan belajar pra siklus secara klasikal pada materi melafalkan dzikir dan do’a setelah sholat fardhu yang hanya mencapai 54,55%. Oleh karena itu, perlu diupayakan hasil belajar siswa agar meningkat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar Fiqih dengan menggunakan audiovisual sebagai media pembelajaran materi dzikir dan do’a setelah sholat fardhu pada siswa kelas II MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak tahun pelajaran 2015 – 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak yang dilakukan dengan pra siklus, siklus I dan siklus II. Pelaksanaan pada Siklus I dan Siklus II melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi Tahapan pembelajaran tersebut digunakan peneliti untuk memperoleh data tentang hasil belajar dan penerapan media audiovisual. Hasil penelitian membuktikan dengan menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Fiqih materi melafalkan dzikir dan do’a pada siswa kelas II MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak Tahun Pelajaran 2015 – 2016. Bahwa hasil belajar pra siklus, dengan nilai ulangan harian materi melafalkan dzikir dan do’a hanya 12 siswa dari 22 siswa dengan rata-rata kelas 67,95 atau ketuntasan 54,55%. Pada tahap Siklus I ini mengalami kenaikan siswa yang tuntas ada 16 dari 22 siswa dengan rata-rata 75,36 atau ketuntasan 72,73%. Dan pada tahap Siklus II ada 21 siswa dari 22 siswa dengan rata-rata 87,40 atau ketuntasan 95,45%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran fiqh dalam melafalkan dzikir dan doa kelas II MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Titik Rahmawati, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Hasil belajar; Fiqih
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 23 Dec 2016 08:33
Last Modified: 23 Dec 2016 08:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6234

Actions (login required)

View Item View Item