Peningkatan hasil belajar dengan penggunaan media manik-manik pada materi penjumlahan bilangan bulat siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Genuk Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Maryati, Suci Eka (2016) Peningkatan hasil belajar dengan penggunaan media manik-manik pada materi penjumlahan bilangan bulat siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Genuk Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah proses pembelajaran dengan media manik-manik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan bilangan bulat di kelas IV MI Miftahul Ulum Genuk Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subjek penelitian siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Genuk Semarang tahun pelajaran 2015/2016 sejumlah 19 Siswa. Dengan Permasalahan nilai Siswa masih banyak yang di bawah KKM, rata rata perolehan nilai ulangan harian 40 sampai 60 sedangkan ketuntasan minimalnya mata pelajaran Matematika adalah 65 karena metode pembelajaran yang monoton. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan pendekatan proses dengan metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Genuk Semarang. Hal tersebut terbukti dengan adanya perbandingan hasil belajar siswa dimana rata-rata kelas pada pra siklus adalah 60 dengan ketuntasan klasikal 60%, meningkat pada siklus I rata-rata kelas menjadi 72,00 dengan ketuntasan klasikal 63%. Kemudian rata-rata kelas pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 80 dengan ketuntasan klasikalnya mencapai 89%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika dengan menggunakan media manik-manik pada materi penjumlahan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Hasil belajar; Matematika untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Kristi Liani Purwanti, S. Si., M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Dec 2016 04:18
Last Modified: 24 Dec 2016 04:18
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6241

Actions (login required)

View Item View Item