Peningkatan prestasi belajar siswa mapel Al-Qur’an Hadits materi Surah Al-Bayyinah melalui penerapan metode drill kelas VI MI Nashriyah Mranggen tahun pelajaran 2015/2016

Amamah, Haniq (2016) Peningkatan prestasi belajar siswa mapel Al-Qur’an Hadits materi Surah Al-Bayyinah melalui penerapan metode drill kelas VI MI Nashriyah Mranggen tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123911341.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penggunaan metode drill untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Kajiannya dilatarbelakangi oleh Rendahnya kemampuan menghafal Al-Qur’an Hadits siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana penerapan metode drill dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi hafalan surat Al-Bayyinah di MI Nashriyyah Sumberejo Kecamatan Mranggen tahun pelajaran 2015/2016? (2) Apakah metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mapel Al-Quran Hadits materi surah Al-Bayyinah kelas VI di MI Nashriyah Sumberejo Kecamatan Mranggen tahun pelajaran 2015/2016 ?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan sifat PTK dilakukan secara mandiri yang artinya peneliti melakukan PTK tanpa kerjasama dengan guru lain. Metode pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, observasi dan metode tes. Penelitian dilakukan dengan menggunakan 2 siklus dengan langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Untuk mengetahui keefektifan metode drill menggunakan teknik analisis deskriptif. Kajian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits pada materi hafalan surat Al-‘Bayyinah dengan menggunakan metode Drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MI Nashriyyah Sumberejo Kecamatan Mranggen. Hal ini dapat dilihat dari sebelum yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa. persentase ketuntasan belajar dari pra siklus 23%, pada siklus I meningkat menjadi 40,00% dan pada siklus II bertambah meningkat menjadi 76,66%. Sehingga tidak perlu melanjutkan pada siklus berikutnya dikarenakan KKM dan persentase ketuntasan telah tercapai. Temuan ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan atau masukan untuk pihak sekolah dalam mengadakan peningkatan kualitas sekolah dengan adanya perbaikan prestasi siswa. Untuk saran yang dapat saya sampaikan adalah Guru dalam melaksanakan pembelajaran Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits diharapkan mampu menggunakan berbagai metode pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang diajarkan, sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan yang akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kemudian Siswa agar memiliki rasa percaya diri sehingga tidak merasa takut untuk menghafal di depan guru. Pada intinya metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mapel Al-Qur’an Hadits materi surah Al-Bayyinah kelas VI MI Nashriyah Mranggen Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : H. Fakrur Rozi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Prestasi belajar; AL-Qur'an Hadits
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Dec 2016 00:22
Last Modified: 29 Dec 2016 00:22
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6250

Actions (login required)

View Item View Item