Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V mata pelajaran Fiqih pokok bahasan qurban melalui metode team quiz di MIN Sumurrejo Gunungpati tahun pelajaran 2015/2016

Faozanah, Siti (2016) Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V mata pelajaran Fiqih pokok bahasan qurban melalui metode team quiz di MIN Sumurrejo Gunungpati tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123911361.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk menerapkan metode Team Quiz siswa kelas V di MIN Sumurrejo Gunungpati Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan Qurban melalui metode Team Quiz di MIN Sumurrejo Gunungpati Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus. Dan hasil dari penggunaan Metode Team Quiz ini tingkat motivasi siswa untuk mempelajari Fiqh materi Qurban meningkat dengan nilai ulangan hariannya dapat melebihi standar yang ditetapkan dalam KKM yaitu 75.Penelitian ini mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada tahap siklus 1 ketuntasan siswa 42.5 % dan kemudian pada tahap siklus 2 mengalami peningkatan lagi sebesar 35 % menjadi 77.5 %. Pada siklus ketiga meningkat 22.5 % dan ketuntasan 100 % dengan ketuntasan rata-rata nilai harian siswa tersebut adalah 76,86. Maka pencapaian tuntas dari target yang ditentukan yaitu 85 % dari jumlah siswa sudah terpenuhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Prestasi belajar; Fiqih
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ahwan Fanani, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Dec 2016 00:29
Last Modified: 29 Dec 2016 00:29
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6256

Actions (login required)

View Item View Item