Pengaruh kepercayaan, keamanan, syariah compliance, dan persepsi akan resiko terhadap keputusan pembelian melalui situs jejaring sosial

Wahyuningsih, Sri (2016) Pengaruh kepercayaan, keamanan, syariah compliance, dan persepsi akan resiko terhadap keputusan pembelian melalui situs jejaring sosial. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
094241167.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan sosial media (berbasis internet) yang telah mengalami berbagai perkembangan dalam hal fungsi, di mana sosial media yang sering dikunjungi bukan hanya digunakan untuk berinteraksi atau berkirim pesan saja, akan tetapi media sosial pada jaman ini dimanfaatkan lebih maju dan bijak untuk dapat melakukan bisnis jual beli. Mudahnya memasarkan produk melalui sosial media, serta banyaknya manfaat yang diberikan seperti, jangkauan pasar yang lebih luas, beroperasinya internet selama 24 jam, berbelanja dengan nyaman, dapat melakukan perbandingan harga dan perbandingan produk pada beberapa toko online hanya dalam hitungan detik dan hal ini sangat memungkinkan komunikasi yang lebih dekat dan intens dengan konsumen, serta membantu pelaku bisnis untuk dapat meningkatkan penjualan mereka. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan seseorang untuk berbelanja online di sosial media, mulai dari biaya yang murah, kualitas jenis barang, kepercayaan, fasilitas kemudahan transaksi, sampai dengan beberapa faktor lainnya. Penelitian ini menggunakan empat variabel independen yaitu kepercayaan (X1), keamanan (X2), syariah compliance (X3), persepsi akan resiko (X4) dan keputusan untuk membeli melalui jejaring sosial sebagai variabel dependennya (Y). Setelah dilakukan tinjauan pustaka, dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuesioner yang disebar kepada 100 orang responden di lingkungan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang yang telah melakukan pembelian tidak direncanakan secara online dengan menggunakan incidental sampling. Untuk analisis dilakukan dengan pengolahan data menggunakan SPSS 20.0 for windows. Kemudian dilakukan analisis dengan data yang ada menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis menggunakan uji f dan uji t sehingga didapat persamaan : Y = 8,144+ 0,208X1 + 0,137X2 + (-0,017X3) + 0,358X4 Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan didapat bahwa, dari keempat variabel independen yang berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen, variabel persepsi akan resiko (X4) yang berpengaruh positif sebesar 3,044 dengan tingkat signifikansi 0,003. Besarnya koefisien determinasi R2 dari keempat variabel tersebut adalah 18,7%. Hal ini berarti keempat variabel independen tersebut hanya mampu menjelaskan 18,7% variasi sementara variasi lainnya yaitu sebesar 100% - 18,7%= 81,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen perencanaan; Sosial media; Perdagangan online
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing : Rahman El Junusi, SE., MM.; Choirul Huda, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Dec 2016 06:48
Last Modified: 29 Dec 2016 06:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6265

Actions (login required)

View Item View Item